728 x 90
Mata Publik, Tajam, dan Terpercaya
Wartawan Swara Konsumen Indonesia Dilengkapi Dengan KTA Yang Masih Berlaku Dan Surat Tugas Peliputan, Nama Tercantum Didalam Box Redaksi
IMG-20190614-WA0095

SKI,LOTIMTiga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yakni Garis Demokrasi, Serikat Masyarakat Selatan (SMS) dan Lembaga Advokrasi Demokrasi (LARD) Nusa Tenggara Barat meminta kepada Dinas Sosial Lombok Timur untuk mengganti seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang menangani masalah Bantuan Langsung Non Tunai (BPNT) di Lotim.

Pernyataan tersebut ditegaskan saat mendatangi Kantor Dinas Sosial Lotim di lantai empat kantor Bupati Lotim, Jumat (14/6). Dengan diterima Sekdis Sosial,Ibrahim bersama dengan pejabat yang menangani masalah Program PKH dan Bantuan Langsung Non Tunai (BPNT).

” Kami datang ke Disos ini meminta untuk mengganti seluruh pendamping SDM PKH yang menangani masalah BPNT dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa di Lotim, karena dianggap tidak ikut bermain dalam program BPNT tersebut,” tegas Direktur Garis Demokrasi, Sawaludin dihadapan Sekdis Sosial.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil temuan dilapangan kalau pihaknya menemukan adanya dugaan permainan yang dilakukan pihak pendamping SDM PKH tersebut dalam penyaluran bantuan BPNT tersebut. Dengan menjalankan tugasnya tidak sesuai dengan tufoksinya, sehingga tentunya ini menyalahi ketentuan yang ada.

Begitu pendamping dilapangan juga diduga berperan ganda,selain menjadi pendamping juga menjadi Penyedia,penyalur dan pengawas. Sehingga tentunya ini menjadi masalah yang harus dituntaskan oleh Dinas Sosial dengan memutus mata rantai yang terlibat semuanya.

” Makanya kami minta untuk segera melakukan evaluasi terhadap semua pendamping ini, karena ingin masalah penyaluran BPNT ini bisa berjalan baik dalam penyalurannya,” ujar Aweng.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan melaporkan kasus ini ke aparat penegak hukum. Karena diindikasi ada dugaan penyimpangan didalamnya. Seperti halnya beras yang diberikan kepada masyarakat kurang bagus dan telur banyak yang busuk, bahkan ada dugaan pemotongan dalam bantuan BPNT tersebut.

Bahkan yang lebih parah lagi ada oknum pendamping yang mengelola PKM sekitar ribuan.Dengan datanya kami pegang dan ini menjadi salah satu bukti yang akan kami bawa ke aparat penegak hukum dalam laporan nantinya. Kerena berapa uang yang diperoleh dari BPNT oknum pendamping tersebut.

” Kami tidak main-main dalam masalah ini, karena kami punya bukti dan akan segera kami laporkan ke penegak hukum,”tandasnya seraya mengatakan pihak BRI juga harus diminta pertanggungjawaban dalam masalah BPNT ini, karena diindikasi juga diduga ikut bermain didalamnya.

Hal yang sama dikatakan Pengurus LARD NTB, Andra Ashadi menegaskan pihaknya tidak akan tinggal diam masalah persoalan BPNT ini. Karena yang dirugikan akibat masalah ini masyarakat yang menerima bantuan dari pemerintah melalui program BPNT tersebut.

Apalagi dengan adanya dugaan permainan yang dilakukan petugas pendamping SDM PKH dilapangan. Sehingga tentunya ini tidak bisa dibiarkan dan harus segera disikapi dengan akan melaporkan masalah ini kepada aparat penegak hukum.

” Kami akan bawakan beras berbau dan telur busuk yang diberikan kepada masyarakat dari program BPNT tersebut ke kantor Dinas Sosial dan Kejaksaan nantinya sebagai bukti kongkrit,termasuk adanya dugaan pemotongan juga BPNT tersebut,” tegasnya.

Begitu juga Ketua SMS, Sayadi menegaskan kalau pihaknya mencium adanya dugaan permainan yang dilakukan petugas pendamping dari tingkat kabupaten, Kecamatan sampai desa dalam program BPNT tersebut. Dengan ikut berperan ganda didalamnya yang dalam aturan tidak dibenarkan dan harus ditindak tegas.

” Kami minta untuk diputihkan semua petugas pendamping SDM PKH di Lotim, kalau ingin masalah BPNT ini selesai, dengan mengganti yang baru, apa susahnya, ketimbang akan terus menjadi persoalan dengan perbuatan oknum yang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan masalah BPNT,” tukasnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Sosial Lotim, Ibrahim mengaku sangat berterima kasih dengan adanya masukan tersebut, untuk kemudian akan menjadi evaluasi kedepanya. Namun begitu untuk melakukan pergantian semua pendamping SDM PKH di Lotim tentunya tidak semudah apa yang diharapkan. 

Karena pengusulan harus ke pusat. Akan tapi pihaknya tentu akan melakukan evaluasi didalamnya.Apalagi masalah BPNT ini menjadi salah satu atensi Bupati Lotim untuk diselesaikan agar tidak terjadi persoalan dilapangan.

” Yang jelas kalau ada pendamping yang melanggar dan melakukan kesalahan langsung akan diberikan tindakan tegas, bahkan bila perlu langsung di pecat sebagai bentuk ketegasan kami dalam masalah ini,” tegasnya.

Penulis : Rizal

Baja Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Waasops Panglima TNI Cek Kesiapan Akhir Satgas Yonif 406/Ck Pamtas RI-PNG

Wed, 19 Jun 2019 11:56:58pm

SKI, Purbalingga - Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsma TNI Khairil Lubis, melakukan pengecekan kesiapan Satgas Yonif 406/Candra...

Jaga Ketahanan Pangan, Danrem 071/Wijayakusuma Sosialisasikan Pupuk Wijayakusuma Nutrition

Wed, 19 Jun 2019 11:43:35pm

SKI, Batang – Untuk menyelamatkan lahan pertanian yang diakibatkan oleh banyaknya penggunaan pupuk dengan bahan pestisida yang digunakan oleh...

Soal Dana Baznas Diperpinjamkan,Bupati Lotim Persilahkan Polisi Usut Tuntas

Wed, 19 Jun 2019 09:47:14pm

SKI,LOTIM - Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy mempersilahkan kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus dana umat yang diperpinjamkan...

Sambil Latihan Menembak, Prajurit Yonif 405/SK Gelar Pengobatan Gratis

Wed, 19 Jun 2019 09:27:24pm

SKI, Kebumen - Dalam rangka memelihara dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan tempur, Prajurit Batalyon Infanteri 405/SK melaksanakan latihan...

Sukiman Menduga Ada Pihak Yang Berusaha Menggoreng Masalah Baznas

Wed, 19 Jun 2019 09:18:41pm

SKI,LOTIM - Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy angkat bicara mengenai masalah dana umat yang diperpinjamkan oleh Badan Amil Zakat Nasional...

Bupati Bogor Ade Yasin Ucapkan Dirgahayu Bhayangkara Ke 73

Wed, 19 Jun 2019 09:10:21pm

SKI, Bogor - Bupati Bogor Hj. Ade Yasin mengucapkan Selamat HUT Bhayangkara ke-73 yang akan diperingati pada tanggal 1 Juli 2019. “Saya Ade Yasin...

Banyak Permasalahan di Lapas, Senator DPD RI Gagas Revisi UU Pemasyarakatan

Wed, 19 Jun 2019 06:09:14pm

SKI, Jakarta - Senator DPD RI H. Fachrul Razi, MIP yang juga pimpinan Komite I DPD RI kembali menggagas agar DPD RI merevisi UU No 12 tahun 1995...

Danrindam IV/Diponegoro : Babinsa Harus Mampu Mengembangkan 5 Kemampuan Teritorial

Wed, 19 Jun 2019 01:43:04am

SKI, Magelang - Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Amrin Ibrahim, secara resmi membuka Pendidikan Bintara Pembina Desa (Dik Babinsa) yang diikuti...

Danrem 071/Wijayakusuma Buka Latihan Posko I Kodim 0736/Batang

Wed, 19 Jun 2019 01:21:30am

SKI, Batang - Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., membuka Latihan Posko I Kodim 0736/Batang, di Makodim...

Kasus Korupsi Dana Koni, Penyidik Pidsus Kejagung Periksa 6 Orang Saksi

Wed, 19 Jun 2019 01:10:21am

Perkembangan Penyidikan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Bantuan Dana Pemerintah Kepada Koni Pusat pada Kemenpora RI Tahun 2017 SKI, Jakarta -...

Berita Terbaru

NUSAN

EKONOMI

PERISTIWA

%d bloggers like this: