Bhaksos HUT Ke-77 TNI di Pulau Mursala Sebagai Wujud Sinergitas TNI Dengan Masyarakat

SKI | Sibolga,- Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M.Tr. Opsla., menghadiri kegiatan Bhakti Sosial dan Pengobatan Massal bersama Korem 023/KS dalam rangka menyambut HUT TNI ke-77, bertempat di Dusun 7 Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (28/09/2022).

Bhakti sosial ke pulau terpencil seperti ini merupakan agenda rutin yang dilakukan Lanal Sibolga, selain untuk mengecek situasi dan kondisi juga untuk meningkatkan kedekatan TNI AL dengan masyarakat yang tinggal di pulau kecil dan terluar NKRI yang juga bersamaan dengan Bhakti TNI dalam rangka HUT TNI ke-77 dengan Korem 023/KS.

“Masyarakat yang tinggal di pulau terpencil dan terluar memiliki peran yang penting dan strategis sebagai mata dan telinga bagi TNI AL, bersama menjaga keamanan dan kedaulatan laut NKRI baik dari berbagai kegiatan ilegal seperti ilegal fishing yang dilakukan nelayan asing maupun penyelundupan barang-barang berbahaya dan terlarang seperti narkotika,”kata Danlanal Sibolga disela-sela acara.

Baksos  di Dusun 7 Pulau Mursala ini memberikan bantuan berupa 100 paket sembako juga pengobatan massal dan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat yang berobat, dikarenakan jauhnya tempat berobat jika ada masyarakat yang sakit.

Salah seorang warga pulau terpencil Bapak D Gulo mengucapkan terima kasihnya kepada TNI yang telah melaksanakan Pengobatan Massal dan Bhakti Sosial dan sudah memperhatikan kami warga masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dan pedalaman, ini sangat bermanfaat bagi kami dengan diakhiri kata “Terima kasih TNI”.

Ikut dalam peninjauan, Danrem 023/KS Kolonel Inf Dody Triwinarko, SIP. M.Han., Dansatrad 234/Sibolga Letkol Lek Doddy Setiawan, M.Si (Han)., Ketua Persit KCK Koorcabrem 023 PD I/BB, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab II DJA I, Ketua PIA Ardhya Garini, Prajurit TNI AD, AL dan AU dengan mengunakan sarana KAL Sarudik dan Sea Rider Lanal Sibolga.

Sumber: Pen Lanal Sibolga