728 x 90
Mata Publik, Tajam, dan Terpercaya
Wartawan Swara Konsumen Indonesia Dilengkapi Dengan KTA Yang Masih Berlaku Dan Surat Tugas Peliputan, Nama Tercantum Didalam Box Redaksi

Wajah Baru Alun-Alun Diharapkan Tingkatkan Indeks Kebahagiaan Masyarakat Sumedang

Ming, 15 Mar 2020 12:11:15am

Admin - Media Swarakonsumenindonesia

CollageMaker_20200314_233858649

SKI| Sumedang - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meresmikan wajah baru Alun-Alun Kabupaten Sumedang, Sabtu (14/3/2020) sore. Ini menjadi bagian dari program revitalisasi alun-alun di 27 kabupaten/kota di Jabar yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil yang merancang sendiri desain baru alun-alun ini. Revitalisasi alun-alun Sumedang menelan biaya Rp16 miliar dari APBD Provinsi Jabar.
Kang Emil berharap dengan wajah baru alun-alun yang berada tepat di depan Masjid Agung Sumedang tersebut, bisa meningkatkan indeks kebahagiaan warga Sumedang.
_"Mugi katampi_ karya dan niat baik dari kami (Pemda Provinsi Jabar). Mudah-mudahan indeks kebahagian masyarakat di Kabupaten Sumedang ini naik," harap Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, alun-alun Sumedang memiliki konsep ruang publik yang lengkap dengan berbagai fasilitas, seperti arena bermain anak, ruang interaksi, hingga ada salah satu sudut tentang sejarah Sumedang Larang.

“Konsepnya khas dari saya. Jadi, selalu ada ruang pasif, banyak hijaunya, ada ruang aktif yang banyak perkerasannya. Ada ruang duduknya, kemudian ada sejarah bupati-bupati Sumedang, jadi ada pelajaran sejarah, ada ruang bermainnya,” katanya.

“Dan Masjid Agung Sumedang ini yang usianya sudah sepuh ini akhirnya terlihat lebih berwibawa lagi karena tidak tertutupi oleh objek-objek seperti dulu,” jelas Kang Emil.

Dalam sambutannya, Kang Emil berpesan agar warga menjaga kebersihan dan ketertiban alun-alun yang baru ini.“Di alun-alun Sumedang ini, saya minta _tong ngaruntah_. Dan mudah-mudahan berikutnya saya datang ke sini (Sumedang) bisa meresmikan Pusat Kebudayaan yang ada di Rancakalong,” ucapnya.

Kang Emil mengungkapkan, Sumedang memiliki berbagai potensi luar biasa di bidang pariwisata. Untuk itu, selain wajah baru alun-alun dan pusat budaya yang dibangun di Rancakalong, diharapkan Sumedang bisa meningkatkan berbagai potensi keragaman wisatanya baik wisata alam maupun seni budaya.

“Saya sudah titipkan (ke Pemda Kabupaten Sumedang) untuk fokus ke pariwisata, karena memang potensinya luar biasa. Oleh karena itu, tinggal ditingkatkan lagi keragaman potensinya, selain alun-alun ada pusat budaya di Rancakalong, ada juga nanti bikin sebuah pusat wisata di Jatigede,” ujarnya.

“Dan tentunya suatu hari nanti Sumedang menjadi kabupaten yang paling maju dari sisi pariwisata, apalagi kalau nanti Tol Cisumdawu beres ada lima sampai enam exit tol di Sumedang. Mudah-mudahan warga Sumedang semakin bahagia dengana adanya fasilitas ruang publik,” jelas Kang Emil.

Bagi Bupati Dony Ahmad Munir dan warga, alun-alun dengan desain baru ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Warga semakin bahagia karena ini menjadi kado istimewa Hari Jadi Kabupaten Sumedang ke-442 yang jatuh pada 22 April 2020.
“Mimpi kita untuk mempunyai ruang terbuka publik yang dapat digunakan untuk interaksi, eduaksi, dan refreshing bisa terwujud,” ungkap Dony.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sumedang, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kanyaah, kadeudeuh, dan perhatian luar biasa dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, DPRD Jawa Barat, dan semua pihak terhadap Kabupaten Sumedang,” lanjutnya.

Senada dengan Kang Emil, Dony pun berharap wajah baru alun-alun Sumedang bisa meningkatkan indeks kebahagiaan warga Sumedang. “Ini adalah ikhtiar kita dalam meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Kabupaten Sumedang,” kata Dony.

“Mari kita gunakan alun-alun ini untuk kegiatan positif. Maka dari itu saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama memelihara kebersihan, ketertiban, dan keindahan dengan tetap menjaga kesakralan Monumen Lingga di dalamnnya (alun-alun Sumedang),” ajaknya.

Pemda Kabupaten Sumedang telah menetapkan pariwisata sebagai core business usahanya dalam rangka peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pada kesempatan yang sama, Pemda Kabupaten Sumedang juga meluncurkan Calender of Events Explore Sumedang 2020, dengan di dalamnya terdapat 32 kegiatan yang akan berlansung sepanjang tahun ini.

“Karena Sumedang sudah memiliki core business-nya, core business kami sebagai kabupaten pariwisata. Kami telah menyatakan sebagai kabupaten pariwisata,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Sumedang, Reni Oktaviani menuturkan dengan adanya alun-alun masyarakat bisa memiliki ruang publik untuk berbagai aktivitas.

“Adanya alun-alun bisa membuat masyarakat lebih sering punya sarana untuk olahraga, bertemu dengan masyarakat yang lain. Dengan adanya sarana publik ini akan membuat masyarakat lebih berinteraki satu sama lain,” tutur Reni.

Lebih dari itu, Reni menambahkan dengan wajah baru alun-alun Sumedang yang dilengkapi dengan sarana bermain anak, bisa membuat anak melepaskan diri dari ketergantungan terhadap gadget (gawai). Reni pun menilai kondisi alun-alun Sumedang setelah direvitaliasi jauh lebih baik.

“Di sini kan ada sarana bermain anak-anak juga, ini kan bisa membuat anak-anak lebih sering melepaskan diri dari gadget (gawai). Jadi, ini sarana yang sangat luar biasa,” jelasnya.

“Dan sekarang perbedaannya (setelah direvitalisasi dengan sebelum direvitalisasi) mungkin jauh. Karena di sini sekarang ruang gerak anaknya lebih luas, kemudian kelihatan lebih aman karena tidak licin,” ungkapnya mengakhiri. (UT)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMG-20200220-WA0014

News Feed

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Resmikan RSUD Pandega via Video Conference

Sab, 4 Apr 2020 02:22:02pm

  SKI|Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandega Pangandaran secara virtual melalui Video...

Gubernur Jawa Barat Terima Bantuan Ventilator dari BUMN

Sab, 4 Apr 2020 11:53:57am

  SKI|Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima bantuan untuk penanggulangan COVID-19 dari perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik...

Da’i Berbicara : Aa Gym Ajak Masyarakat Untuk Muliakan Jenazah COVID-19

Sab, 4 Apr 2020 08:19:17am

  SKI|Bandung - Abdullah Gymnastiar menghimbau masyarakat tidak memberi stigma kepada jenazah COVID-19, terutama dalam prosesi pemakaman....

Jabar Siapkan Dana Rp16,2 Triliun untuk Atasi Dampak Sosial COVID-19

Jum, 3 Apr 2020 09:20:46pm

  SKI|Bandung - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengalokasikan Rp16,2 triliun lebih untuk menanggulangi dampak sosial dan ekonomi...

Kasat Reskrim Polres Bogor Kembali Ungkap Pelaku Penyebar HOAX asal Babakan Madang

Jum, 3 Apr 2020 08:19:31pm

  SKI|Bogor - Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor kembali mengungkap pelaku penyebar Hoax didaerah Babakan Madang Kabupaten Bogor...

Pemdaprov Jabar Pastikan Periksa Kesehatan Pemudik dari Zona Merah COVID-19

Kam, 2 Apr 2020 07:49:34pm

  SKI|Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi)...

Penyemprotan Disinfektan Serentak, dari Jabar untuk Indonesia Lawan COVID-19

Kam, 2 Apr 2020 01:24:55pm

  SKI|Bandung - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terus memantau pelaksanaan penyemprotan desinfektan di 5.312 Desa yang tersebar di 27...

Prosedur Kesehatan COVID-19 Diterapkan di Pengungsian Banjir Kabupaten Bandung

Rab, 1 Apr 2020 07:11:55pm

  SKI|Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Ridwan Kamil meninjau lokasi banjir Dayeuh Kolot dan...

Jabar Manfaatkan Drone untuk Cegah Penyebaran COVID-19 di 27 Kab/Kota

Sel, 31 Mar 2020 08:59:34pm

  SKI|Bandung - Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) terus berupaya untuk menangani dan mencegah penyebaran COVID-19 di...

Ditengah Merebaknya Virus Covid-19 di Kabupaten Bogor, Perusahaan PHK Seluruh Karyawannya

Sel, 31 Mar 2020 08:33:43pm

  SKI|Bogor - Kabupaten Bogor adalah salah satu wilayah yang menjadi pusat perhatian Pemerintah terkait pandemik penyebaran virus Covid-19 di...

Berita Terbaru

NUSAN

EKONOMI

Di Lombok Timur Dua ATM Bank NTB Dibobol

Rab, 25 Des 2019 09:36:40am

PERISTIWA

!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics -->
%d blogger menyukai ini: