Bupati Buka Kegiatan Musrenbang RPJPD tahun 2025-2045

SKI| Lombok Tengah – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melaksanakan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) di Ballroom Kantor Bupati setempat.

Dikatakan bahwa, Pelaksanaan musrenbang ini merupakan rangkaian tahapan yang harus di laksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan, sebelum perumusan rancangan akhir RPJPD di tahun 2024.

Hal ini tentunya sesuai dengan apa yang tertera dalam permendagri nomor 86 tahun 2017, yang mengamanatkan, bahwa, rancangan awal rpjpd dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Dan yang tak kalah pentingnya, musyawarah ini juga merupakan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder di kabupaten Lombok Tengah dalam mewujudkan rencana pembangunan jangka panjang daerah periode 2025 – 2045 yang selaras dengan rencana
pembangunan jangka panjang nasional dan
provinsi ntb.

Dalam kerangka penyusunan rancangan awal RPJPD Kabupaten Lombok Tengah tahun 2025 – 2045 ini, ada beberapa hal yang dapat disampaikan yakni:

1. melaksanakan program dan kegiatan prioritas dengan mengacu pada agenda pembangunan daerah, renstra perangkat daerah, sekaligus disinergikan dengan program provinsi ntb dan nasional

2. RPJPD Kabupaten Lombok Tengah tahun 2025 – 2045 menjadi tolak ukur bagi proses penyusunan rancangan teknokratik RPJMD Kabupaten Lombok Tengah tahun 2025 – 2029 yang sekaligus akan menjadi acuan dalam
penyusunan rkpd kabupaten lombok tengah tahun 2025

3. menjadikan usulan masyarakat dan seluruh stakeholder sebagai bahan utama dalam penyusunan rencana kerja tahun 2025 dan mengupayakan pembangunan dapat merata diseluruh kecamatan, kelurahan dan desa.
hadirin yang kami hormati,

“Mari bersama-sama menciptakan kebijakan dan program pembangunan yang berpihak kepada masyarakat, berkelanjutan secara ekonomi, sosial dan lingkungan serta menghasilkan dampak positif yang nyata bagi kemajuan kabupaten lombok tengah,” ucap Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri saat membuka kegiatan RPJPD di tahun 2024

Selanjutnya, kontribusi dan masukan yang diberikan pada kesempatan ini akan sangat berarti dalam menyusun perencanaan pembangunan yang berkualitas dan tepat sasaran.

“Untuk itu, sekali lagi saya berharap kegiatan musrenbang RPJPD ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. sehingga kita dapat mewujudkan lombok tengah emas 2045, untuk mencapai lombok tengah emas 2045 sangat dibutuhkan smart execusion. dan dibutuhkan smart leadership, oleh strong leadership, yang berani dan pandai mencari solusi, dan yang punya nyali,” tegasnya

Bahkan, hal yang tidak kalah pentingnya juga, yang perlu yang perlu pahami bersama adalah, yang akan mewujudkan lombok tengah emas 2045 ialah generasi muda. Bukan lagi milik kita apalagi yang saat ini usianya sudah diatas 50 tahun.

“Oleh karena itu mari kita bimbing dan kita arahkan serta kita didik anak-anak kita, adik-adik kita yang sekarang mungkin masih berada di universitas, atau bahkan asn-asn baru yang masih dalam usia produktif. dorong mereka untuk terus berinovasi. karena sejatinya lombok tengah akan maju dengan inovasi-inovasi yang ada. tidak perlu inovasi besar, cukup inovasi kecil namun dapat berdampak besar bagi kemaslahatan masyarakat kita,” pungkasnya. (Ruki).