Dampingi Tim Juri, Edy Supriyanta Optimis Plajan Juara 1 Lomba Desa Tingkat Jateng

SKI | JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta optimis Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji bisa menjadi juara 1 lomba desa tingkat Propinsi Jawa Tengah. Hal ini disampaikan oleh orang nomor satu di Jepara itu saat mendampingi tim juri dari Dinpermades Jateng melakukan klarifikasi lapangan ke Balai Desa Plajan, Selasa (20/6/2023).

Tim juri ini dipimpin oleh Kabid Penataan Dinpermades Provinsi Jawa Tengah Lusi Arjuni didampingi sekitar 13 orang lainnya. Beberapa aspek yang dinilai meliputi. Ekonomi, kesehatan, keuangan desa, dan juga inovasi yang ada. Hadir juga Ketua TP PKK Kabupaten Jepara Ny. Eka Edy Supriyanta, Plt Ketua DPRD Jepara Masykuri dan sejumlah pimpinan perangkat daerah Jepara.

Desa Plajan menjadi nominator lomba desa di Jawa Tengah tahun ini. Plajan akan bersaing dua desa lainnya yakni Desa Banget, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus dan Desa Madukara, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara. Ketiga desa tersebut, akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di tingkat Jawa Tengah dan akan maju ke tingkat nasional.

Desa Plajan diharapkan bisa mengulang prestasi desa tetangganya, yakni Tanjung Kecamatan Pakis Aji yang tahun lalu berhasil menjadi yang terbaik di lomba desa tingkat Jateng.

Optimisme Bupati ini didasari potensi besar yang dimiliki oleh Desa Plajan. Plajan merupakan desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak potensi yang tersimpan di desa ini. Mulai dari kuliner, hingga berbagai macam kerajinan dari usaha kecil dan menengah  Ditambah lagi dengan suasana alam yang indah, dan keramahan masyarakat layak jika Desa Plajan, menjadi yang terbaik di tingkat provinsi tahun ini.

“Selamat kepada desa dan masyarakat Desa Plajan yang telah berhasil menjadi tiga besar lomba desa se-Propinsi Jawa Tengah. Semoga nanti bisa mnejadi juara 1 dan muaranya membawa kesejahteraan masyarakat,” ujar Edy.

Edy pun meyakinkan kepada tim juri bahwa Desa Plajan siap untuk mewakili Jateng maju ke lomba tingkat nasional. Pemkab Jepara pun memberikan dukungan penuh kepada lomba desa ini. Selama tiga tahun ini sudah berjalan baik di Jepara. “Juara lomba desa di Jepara mendapatkan hadoah 1 miliar. Ini bentuk dukungan kita yang luar biasa bagi pengembangan desa ” tandasnya.

Sebelumnya, Pj Bupati dan rombongan datang disambut oleh para siswa SD dan masyarakat Desa Plajan. Tim juga dijajakan sejumlah potensi yang dimiliki oleh Desa Plajan. Mulai dari kuliner hingga usaha yang dikelola oleh BUMDes. (Hani).