oleh

Dana Desa Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

SKI, Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Alun-Alun Kabupaten Trenggalek pada Jumat (4/1/19), Eko mengungkapkan pelaksanaan program Dana Desa saat ini berjalan cukup baik meskipun sempat mengalami tantangan dan masalah pada awal-awal mulai dikucurkannya pada 2015.

“Sehingga di tahun pertama, dari Rp 20,67 triliun yang dialokasikan hanya 82% yang berhasil diserap. Namun dengan komitmen kuat dari seluruh Perangkat Desa, Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan dukungan pendampingan yang terus ditingkatkan dan juga dukungan dari Kepolisian RI, Kejaksaan, BPKP dan BPK, maka dari tahun ke tahun tata kelolanya terus membaik. Hal ini bisa dilihat dari penyerapan Dana Desa yang juga terus membaik,” kata Eko.

Permasalahan terjadi karena pada awalnya Kepala Desa dan Perangkat Desa belum mempunyai pengalaman mengelola keuangan negara. Desa pun belum mempunyai perangkat yang lengkap untuk mengelola keuangan negara. Penyebab lainnya adalah kondisi geografis dan infrastruktur dasar yang menyulitkan di banyak desa. (Red SKI)

Komentar

News Feed