Danlantamal XII Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

SKI|Mempawah – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) sebagai Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022, bertempat di Dermaga Satrol Lantamal XII, Jalan Yos Sudarso No.1, Pontianak Barat, Kota Pontianak, Provinsi Kalbar, Sabtu (1/10/2022).

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini, dihadiri oleh Pgs. Wadan, Pejabat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal XII dan pasukan upacara dari Perwira Pertama, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal XII serta Prajurit Yonmarhanlan XII Pontianak.

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan sederhana dan hikmat dengan mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.” Upacara diawali dengan laporan Perwira upacara kepada Irup, penghormatan pasukan, laporan Komandan Upacara, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Undang-undang Dasar 1945, pembacaan Ikrar, pembacaan do’a, andhika bayangkari laporan Daup dan diakhiri penghormatan pasukan.

Pada kesempatan ini, Danlantamal XII menyampaikan bahwa upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Oktober adalah untuk menunjukkan bahwa Pancasila adalah dokumen yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, karena menunjukkan bahwa Pancasila Sakti, Pancasila tidak tergantikan, Pancasila merupakan doktrin hidup bagi seluruh bangsa Indonesia. Tata kehidupan bangsa Indonesia berdasarkan lima Sila dalam Pancasila itu sendiri. Jadi peringatan hari kesaktian Pancasila ini untuk mengingat kembali bahwa Pancasila adalah sakti dan sebagai pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kita laksanakan upacara hari kesaktian Pancasila ini untuk memperingati Pancasila sebagai dasar negara dan kehidupan bangsa Indonesia, juga hari kesaktian Pancasila ini diperingati untuk mengenang jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa G30/S.PKI yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 oleh kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI).

Upacara Hari kesaktian Pancasila ini dilaksanakan dan diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia tak terkecuali jajaran dan satuan TNI AL di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.(why)