oleh

Desa Dasan Lekong Bangun Agro Wisata‎

foto : Kepala Desa Dasan Lekong, L.Rajabul Akbar 

SKI – Lotim – Pemerintahan Desa Dasan Lekong,Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur akan membangun Agro wisata tahun 2019. Sehingga untuk menuju itu mulai saat ini pemerintah desa Dasan Lekong telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung yang ada dalam rangka untuk mensukseskan program unggulan tersebut.‎

” Insyalloh kalau tidak ada halang merintang tahun 2019 kami akan bangun agro wisata,dengan akan melihat apa yang ada di Sembalun di Desa Dasan Lekong,” tegas Kepala Desa Dasan Lekong, L.Rajabul Akbar yang didampingi pengurus karang taruna Bina Bhakti kepada wartawan di kantornya,Kamis (22|11),

Ia menjelaskan pihaknya juga sudah menghadap ke Wakil Gubenur NTB untuk memaparkan program inovasi desa mengenai masalah agro wisata tersebut. Dengan Pemprov NTB mendukung apa yang dilakukan Desa Dasan Lekong selaras dengan program Pemprov NTB.

” Wagub NTB sangat mengapresiasi program kami mengenai Agro Wisata itu saat dirinya memaparkan langsung program tersebut,” ujarnya seraya mengatakan dalam program itu nantinya kami akan memanfaatkan mantan TKI untuk bekerja di tempat itu.‎

Oleh karena itu, lanjutnya saat ini pihaknya telah menyiapkan berbagai bibit buah-buahan yang nantinya akan di taman di lokasi angro wisata tersebut. Diantaranya bibit kelengkeng berbagai jenis, jambu kristal, mangga, avokad,jeruk,nangka maupun lainnya.

Dengan akan ditanam di tanah kas desa seluas 7,5 hektar yang terletak di wilayah Jeruk Manis. Sehingga nantinya dari hasil itu diperkirakan akan menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Dasan Lekong sebesar Rp 1 Milyar pertahunnya.

Maka perencanaan yang matang terus kami lakukan dalam rangka menyongsong program tersebut. Karena pihaknya mengaku optimis dengan program ini akan sukses,apalagi mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

” Kami optimis kalau program ini berjalan PADes bisa mencapai Rp 1 Milyar, dengan nantinya akan dikelola Budan Usaha Milik Desa (Bumdes),” tambahnya.

Lebih jauh mantan jurnalis Radio ini mengungkapkan pihaknya menginginkan Desa Dasan Lekong menjadi desa mandiri,karena tentunya tidak selamanya pemerintah pusat akan mengucurkan uang yang banyak untuk desa.

Karena ada batasnya,sehingga pihaknya memulainya dari sekarang. Selain membuat agro wisata juga menjual konsep edukasi sebagai bahan tempat siswa tingkat pertama sampai perguruan tinggi untuk menggali ilmu pengetahuan.

” Selain itu kami juga akan membangun gedung serba guna dan MoU Desa Dasan Lekong dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) mengenai bersih tahun 2019,” tandas L.Rajabul Akbar.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed