Dewan Suruh Pemkab Loteng Tebang Pohon Pinggir Jalan

SKI| Lombok Tengah- Banyaknya pepohonan yang masih ada di pinggir jalan seringkali membuat para pengendara lebih berhati-hati dalam melaju kendaraannya.

Hal tersebut membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Tengah meminta Pemerintah Daerah untuk menebang pohon yang ada dipinggir jalan, selain pohon yang sudah tua yang rentan bahkan sudah ada korban akibat pohon yang tumbang tersebut

“Makannya dalam sidang tersebut saya sampaikan kepada kepala daerah untuk lebih atensi terhadap pohon-pohon yang ada di pinggir jalan untuk ditebang,” Ucap Ketua Komisi II DPRD HL. Kelan pada Jumat (30|4).

Ia melanjutkan, pohon yang berada di pinggir jalan tersebut juga dapat mengganggu keamanan pengguna jalan, sehingga perlu adanya penebangan pohon agar dapat menciptakan keindahan.

“Seperti di Kecamatan Batukliang, perlu ditebang pohonnya,” Jelasnya

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Lombok Tengah, M. Tauhid meyakini bahwa apa yang menjadi catatan dewan akan ditindak lanjuti demi kenyamanan berlalu lintas.

Sementara, Kepala Dinas Perkim Loteng L. Rahadian, mengatakan pihaknya akan mengkaji apa yang menjadi permintaan dewan. Dimana, selain terdapat sisi negatif, juga sisi positif yang dihasilkan dari pohon-pohon tersebut.

“Pohon itu salah satunya menjadi penyuplai oksigen, juga mencegah terjadinya longsor dan banjir. Nanti akan kita kaji dan melakukan peremajaan terhadap pohon di pinggir jalan,” Katanya

Terkait penebangan yang dilakukan di sebelah barat Kecamatan Batukliang, pihaknya mengaku itu dilakukan oleh pemerintah desa setempat dan masyarakat karena mengetahui ada kejadian tertimpa pohon.

“Untuk menata pohon di pinggir jalan kita akan pangkas ranting yang sudah tua, bukan melakukan penebangan. Kita juga akan menanam pohon yang kayunya kokoh,” ucapnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat sama-sama menjaga pohon yang ada dipinggir jalan. Jangan lagi ada yang membakar akarnya, itu menyebabkan pohon cepat tumbang (riki)

Komentar

News Feed