Dispertan Loteng Ingatkan Masyarakat Pandai Memilih Hewan Qurban

SKI| Lombok Tengah- Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Tengah melakukan himbauan kepada segenap masyarakat yang akan membeli hewan Qurban mengingat penting diperhatikan adanya gejala penyakit yang nampak di fisik maupun yang tidak tampak.

Sekertaris Dinas Pertanian Fathurrahman mengungkapkan bahwa supaya masyarakat tetap waspada dalam pemilihan hewan yang akan disenyembelih supaya diperiksa secata seksama.

“Harus di cek di limpa dan hatinya karena ada penyakit yang tidak terlihat dari luar,” Ungkapnya.

Kedepannya semua petugas akan turun dan mengecek ke lokasi penjualan hewan dan mengecek kesehatan hewan yang akan diperjuak belikan mengingat yang dijadikan qurban harus ternak yang sehat dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh agama baik tidak cacat dan sakit, baik kambing maupun sapi.

Adapun untuk tahun ini pihaknya menjelaskan tidak akan mendatangkan dari luar daerah mengingat kondisi stok ternak masih aman dan harapan masih bagus di Loteng

Pihaknya bersama tim akan turun melakuakan pemeriksaan dan memberikan semacam sertifikat kelayakan dan akan membidik pasar-pasar hewan.

“Kami menghimbau kepada semua Penjagal hewan supaya memeriksa limpa dan hatinya dan apabila ditemukan keanehan misalnya hatinya keras, ada kerak ataupun limpanya juga ada keanehan, dan pada saat dipotong darahnya tidak jernih seperti ada keraknya baik warnanya putih atau hitam makan sebaiknya Panggil dokter hewan untuk untuk menilai dulu apakah daging itu masih di layak dikonsumsi atau tidak, ” Pungkasnya (riki)

News Feed