oleh

DITAHAP AWAL 2019 ANGGARAN 20% KADES MARIAM BANGUN DESA

SKI, Lampung utara – Pada tahap awal pembangunan, yang kini banyak di fokuskan untuk desa, oleh pemerintah pusat. Salah satu program dari pemerintah yang di anggarkan melalui anggaran dana desa dengan sumber dana di anggarkan APBN.

Kades mariam yang memimpin di salah satu desa yang ada di wilayah kabupaten lampung utara, kecamatan abung barat, yaitu desa hujan mas. “Walau pun ia seorang perempuan namun untuk kinerja di dalam pembangun desa yang belum lama ini, dananya di cairkan melalui bank daerah, dan di keluarkan secara bertahap selama satu tahun, dan di bagi menjadi 3 (tiga) termin” dengan anggaran 20%, pertama, ia buat 2(dua) aitem pekerjaan, dan diantaranya 1(satu) titik sumur bor, 1(satu) unit gardu (pos ronda).

Di saat awak media SKI menemui kades Marian di kediamanya. Ibu kades ini menjelaskan dengan adanya program dana desa 2019. Saya selaku orang yang di percaya oleh masyarakat untuk memimpin desa hujan mas, didalam tahap awal. dimana dimulainya kegiatan pembangunan yang ada di desa, yang sebelum nya terlebih dahulu adanya musdus dan musdes, dari situlah timbul kesepakatan bersama. Dengan dana pencairan pertama dari 20% ini. Saya bangunkan untuk prasarana yaitu sumur bor dan gardu jaga, jawabnya

Sedangkan untuk desa desa yang ada di wilayah kecamatan abung barat sendiri, kebanyakan di pimpun oleh laki laki, hanya di desa ujan mas saja yang dipimpin oleh seorang wanita/perempuan. Akan tetapi ibu kades mariam, tidak pernah merasa terbebani untuk memajukan desa yang ia pimpin. Tentunya tak luput dari kekompakan aparatur dan kepercayaan yang di berikan oleh kalangan masyarakatnya.

Ada juga salah satu dari masyarakatnya yang kebetulan juga perempuan, panggil saja Apri, disaat awak media SKI tampa sengaja bertandang dan ingin memastikan kinerja dari seorang pemimpin yang kini menjadi orang no 1 didesa, yang ada didesa tersebut, ia mengatakan kalau beberapa tahun ini semenjak dipimpinnya oleh ibu kades mariam, sudah ada titik positifnya dalam arti kata. Sudah tampak dan terlihat kemajuan yang ada didesa nya. Yaitu salah satunya yang ada di depan rumah saya ini, “alhamdulilah”, yang tadinya kami khususnya lingkungan saya, tadinya sangat susah mendapatkan air bersih, sekarang kami sudah dapat merasakan adanya air besih, dengan cara adanya pembangunan yang di bangun oleh desa melalui Dana desa tahun sebelumnya, dan akhirnya kami selaku masyarakat memiliki sumur bor yang dapat kami manfaatkan.ungkapnya

ADE IRAWAN

Komentar

News Feed