oleh

Forkopimda Lotim : Pelaksanaan Permilu Di Lotim Berjalan Lancar, Adil, Sangat Transparan dan Demokratis 

SKI,LOTIM – Pelaksanaan pemilu legislatif, pemilu Presiden dan wakil Presiden tahun 2019 di Kabupaten Lombok Timur berjalan lancar, Adil, sangat transparan dan demokratis. Apalagi dengan kegiatan rekapitulasi hasil pemilu di tingkat Kabupaten Lotim berjalan dengan aman dan lam lancar.

Demikian ditegaskan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Lotim kepada media massa saat diminta tanggapannya di kantornya masing-masing, Rabu (8/5). Diantaranya Dandim 1615 Lotim, Letkol.Inf. Agus Prihanto Donny, Kepala Kejaksaan Negeri Lotim, Tri Cahyo Hananto dan Ketua DPRD Lotim, Raden Rahardian Soejono. 

” Alhamdulillah pelaksanaan pemilu di Lotim Berjalan Lancar, Adil, Sangat Transparan dan Demokratis sebagaimana yang diharapkan bersama,” tegas Dandim 1615 Lotim, Letkol.Inf. Agus Prihanto Donny.

Ia menjelaskan pihaknya bersama Kapolres bersama dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lotim menciptakan suasana pemilu yang harmonis.Sehingga terciptanya pemilu yang sangat adil, transparan dan demokratis, dengan tentunya kondisi seperti ini harus terus dipertahankan.

Begitu juga pihaknya bersama kepolisian terus melakukan patroli ke setiap kecamatan, pada saat penghitungan suara di TPS, PPS, PPK sampai dengan di tingkat Kabupaten Lotim. Bersama dengan Bupati Lotim dengan forkompinda yang lainnya.

Dengan tujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Lotim. ” Meski ada riak-riak kecil akan tapi dengan kesigapan dari TNI, Polri bersama Bawaslu dan pihak penyelenggara lainnya untuk menetralisir agar tidak terjadi gejolak di kemudian hari,” ujarnya

Hal yang sama dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri Lotim, Tri Cahyo Hananto sangat mengapresiasi dengan pelaksanaan tugas yang dilakukan KPU dan Bawaslu Lotim yang telah suksesnya perhitungan hasil pemilu tingkat kabupaten Lotim.

Dengan melihat situasi tetap kondusif, keamanan tetap terpelihara penuh kerukunan dan dari hasil perhitungan suara itu, pihak penyelenggara pemilu telah bekerja sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga harapannya maupun harapan semua masyarakat di Lotim agar situasi kemasyarakatan dan pemerintahan di Lotim agar tetap terpelihara.

Dengan penuh kerukunan dan masing-masing pihak bisa memahani kondisi yang ada, apabila terpilih menjadi anggota legislatif dengan tetap menjaga situasi bersama masyarakat yang belum beruntung menjadi anggota legislatif.

” Jaga kerukunan dan tingkatkan yang sudah ada dan selamati memajukan Lotim menjadi kabupaten yang terbaik di NTB,” tandas Cahyo Hananto.

Sementara Ketua DPRD Lotim, Raden Rahardian Soejono mengatakan pelaksanaan pemilu di Lotim sudah berjalan Lancar, Adil, Sangat Transparan dan Demokratis dengan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara pemilu, TNI dan Polri dan pemerintah daerah yang telah membantu penyelenggaraan pemilu berlangsung dengan damai, tertib, aman dan lancar.

Meski sebelumnya Kabupaten Lotim dianggap paling rawan, akan tapi mampu terbantahkan dengan pelaksanaan pemilu yang kondisif dan damai. “Dalam kenyataannya tidak terbukti Lotim daerah rawan melainkan Lotim wilayah kondusif dengan tentunya atas bantuan semua lapisan masyarakat di Lotim yang membantu mensukseskan pelaksaan pemilu,” tandasnya.

Penulis : Rizal

Komentar

News Feed