Fraksi-Fraksi DPRD Lotim Sampaikan Pandanganya,Bupati Beri Tanggapannya‎

SKI l Lombok Timur-Bupati Lombok Timur,HM.Sukiman Azmy memberikan tanggapannya terhadap pandangan fraksi-fraksi di DPRD Lotim dalam sidang paripurna DPRD Lotim,Selasa (20|9).

Bupati menjelaskan ‎ pinjaman pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang bersumber dari PT. Sarana Multi Infrastruktur sebesar Rp. 155 Milyar dan sudah terealisasi sebesar Rp. 108,50 milyar, di mana  sisanya sesuai Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pinjaman PEN Daerah akan direalisasikan Nopember 2022 nanti.

Kemudian untuk pinjaman Daerah dari PT. Bank NTB Syariah saat ini Pemerintah Kabupaten Lotim  sudah mengajukan pencairan tahap pertama ke Direktur Utama PT. Bank NTB Syariah sebesar Rp. 65,273 Milyar lebih sesuai KAK dengan pencairan terakhir bulan Nopember 2022.

Begitu juga mengenai kegiatan Penyediaan Pelayanan Publik dengan Pelaksanaan Penganggaran Tahun Jamak dengan pagu  Rp. 300 Milyar, direncanakan sampai dengan tanggal 31 Desember 2022 terealisasi sebesar Rp.242,256 Milyar sehingga, sisa yang akan dibayar pada tahun 2023 sebesar  Rp.57,743 Milyar.

” Apa yang menjadi pandangan fraksi-fraksi tentunya menjadi bahan masukan yang baik untuk kami,” tegasnya.

Mantan Dandim 1615 Lotim ini juga menandakan ‎
persiapan Pemkab Lotim  dalam rangka Pemilihan Kepala Desa serentak pada awal  2023, yaitu  mempersiapkan regulasi tentang Perubahan Perda dan Perbup terkait tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa yang saat ini tahap pembahasan  dengan DPRD Kabupaten Lombok Timur.

Karena ‎direncanakan persiapannya dimulai Oktober Tahun 2022 dan rencana pelaksanaan pemungutan suara paling lambat dilaksanakan Bulan Maret Tahun 2023.

” Anggaran pemilihan kepala desa tersebut dituangkan pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022 dan  APBD Tahun Anggaran 2023 mendatang,” tandas Sukiman.(Sam).