oleh

Jalin Sinergitas Dengan Media, Humas Polres Se-Jakarta Pusat Anev Pelatihan Jurnalistik

SKI | Jakarta – Hubungan Humas dan Pers adalah profesional. Humas bekerja untuk kepentingan lembaga, sementara pers adalah untuk kepentingan media. Jadi humas yang baik tidak akan membeda – bedakan para pelaku media dan pers, semua media dan pers diperlakukan adil. Semua harus mendapat informasi yang sama dari humas terkait pemberitaan, kebijakan dan hal lainnya mengenai institusi humas itu sendiri.

“Jadi humas juga harus membangun dengan menciptakan hubungan kerja yang professional. Para praktisi humas selayaknya juga membekali dirinya dengan kemampuan jurnalisme, seperti : meliput, melakukan wawancara, fotografi dan menulis berita, hingga menyiapkan konferensi Pers,” kata Juniardi, saat memberikan pembekalan pada Analisa dan Evaluasi (Anev) dilanjutkan Pelatihan singkat kepada Anggota Humas Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu 21 Juli 2021, di Lantai III Polres Metro Jakarta Pusat.

Selain itu, Juniardi juga mengajak para Humas Polres, memahami menunjang peformance kerja, baik humas dan praktisi media, tentang aturan terkait Kode Etik Jurnalistik, Kode Etik (Pedoman Perilaku) Penyiaran, Undang-undang No. 40/1999 tentang Pers, Undang-undang No. 32/2002 tentang penyiaran supaya dapat saling mensupport tugas masing – masing sehingga dapat bersinergi dengan baik.

Karena, kata Juniardi, dengan sikap profesional dan saling mendukung diantara humas dan pers serta bertujuan memberikan keterbukaan informasi, masing masing pihak dapat menciptakan sinergitas secara maksimal dalam menyediakan pemberitaan bagi publik.

“Humas kepolisian itu menjadi ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja Polres dan Polsek tempatnya bertugas, serta menjaga citra positif lembaganya. karena itu lah dibutuhkan humas yang bisa bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak luar termasuk media dan pers,” katanya yang juga memberikan tips merangaki press rilis, dan membuat berita.

Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Sam Suharto, S.H., M.H. mengatakan Anev merupakan program Humas dalam rangka memperkuat kerja kerja humas  khususnya Polres dan Polsek. “Hari Anev kita sekaligus dilanjutkan dengan arahan Narasumber dari praktisi pers,” kata Sam Suharto.

Menuruta Sam, acara yqng didesain ngobrol santai itu membahas soal Media Sosial, Median Pers Siber (online,red), termasuk membahas cara penulisan artikel yang menarik melalui medsos dan rilis berita. “Temen teman humas juga belajar membuat penulisan narasi berita, peserta para kasi Humas Polsek, dan Staf Humas Polres Metro Jakarta Pusat,” kata Sam sapaan akrabnya. (why/red).

News Feed