Kades Ujunggebang Diduga Ceroboh Hingga Membuat Roboh Pagar Rumah Warga

SKI | INDRAMAYU – Kepala Desa (Kades) atau Kuwu Ujunggebang, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu diduga lalaikan kinerjanya sebagai Pemimpin Desa hingga menimbulkan robohnya pagar rumah milik salah satu Warga.

Hal tersebut diungkap warga yang membeberkan perihal kades kepada awak media. Disisi yang sama, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ujunggebang Rokim, membenarkan bahwa kades Ujunggebang ini tidak layak untuk menjabat lagi sebagai Kuwu, dikarenakan selama 6 bulan jarang ngantor, bahkan satu bulan lebih sama sekali belum pernah ada di kantornya, ungkap Rokim.

Lanjutnya, bahkan sekdespun juga hampir sama, sudah mulai malas-malasan dan tidak ngantor selama kirang lebih satu bulan, ucapnya.

Bagaimana pelayanan Publik akan berjalan dengan baik, sedangkan selaku Pelayannya saja (Kuwu dan Sekdes) selalu tidak ada di kantor, apakah pantas. Bukan itu saja ketika soal APBDes, kami selaku BPD pun tidak pernah yang namanya musyawarah desa (Musdes) untuk membicarakan anggaran yang diperoleh untuk desanya, tiba-tiba anggaran tanpa ada musyawarah atau sosialisasi apapun langsung diterapkan olehnya dan Staffnya yang pro terhadapnya, tegasnya.

Hal ini sudah jelas-jelas telah menerjang peraturan dan tidak adanya ketransparan terhadap kami selaku BPD dan juga kepada masyarakat desa Ujunggebang, tegas Rokim, rabu, (3/8/22).

Kami selaku BPD akan bertindak tegas sesuai prosedur yang kami amanahkan, dikarenakan kami selaku BPD bagian dari pertanggungjawaban kinerja Kuwu, warga ketika ada keluhan atau ketidak cocokan dengan kinerja Kuwu, mereka akan datang kepada kami. Artinya kami ini sebagai penampung aspirasi masyarakat atau kepanjangan dari aduan masyarakat, tandas Ketua BPD.

Adanya dugaan Pemimpin yang tidak amanah, akan kami laporkan kejadian ini kepada pihak yang berwenang, agar Kuwu kami ini untuk segera lengser dari jabatanya yang sudah tidak pantas lagi untuk memimpin masyarakat hingga pertanggungjawaban anggaran yang dikelolah oleh Pemdes Ujunggebang. Dan jika di utarakan semua tentang kinerja Kuwu yang kurang amanah ini, dirinya banyak perso’alan yang menerjangi hukum atau Peraturan Negara, jelasnya.

Sedangkan dugaan lainya, terkait telah ceroboh yang mengakibatkan pagar rumah milik salah satu warganya Sdri. Satiah Warga Dusun Tanjungpura RT. 001/001, pagar miliknya telah roboh karena alat berat Beco PC 75, yang dipesan oleh Kuwu atau Pemdes Ujunggebang untuk membetulkan drainase dilingkungan Dusun Tanjungpura, bebernya.

Dengan adanya kejadian itu, Sdri. Satiah meminta pertanggungjawaban kepada Kuwu agar secepatnya dilakukan perbaikan pagar rumah miliknya yang telah roboh. Dirinya telah dibuatkan surat pernyataan yang isinya, “Sehubungan robohnya pagar rumah milik Ibu Satiah (42th), maka dengan ini kami (Kuwu atau Pemdes) Ujunggebang bertanggungjawab akan membangun kembali pagar tersebut seperti semula selambat-lambatnya satu bulan terhitung mulai dibuat perjanjian ini hingga sampai berakhir tanggal 15 Agustus 2022,” ungkap Satiah kepada awak media.

Sampai berita ini di terbitkan, belum ada pernyataan resmi dari Kades tersebut, awak media sudah berusaha komunikasi langsung maupun melalui via WhatsApp (WA) tidak ada respon. (Yana BS)