KCD Dikbud Terara Ngaku Guru Sertifikasi Dapat Bantuan Dari Baznas Lotim

SKI l Lombok Timur-Kepala Unit (Kanit) Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Terara,H.Saprudin mengaku kalau diantara guru dengan status Aparatur Sipil Negara (ASN) di kecamatan Terara yang mendapatkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lotim ada yang sudah mendapatkan sertifikasi.

” Memang betul ada beberapa guru yang dapat bantuan dari Baznas Lotim sudah sertifikasi,” tegasnya di ruang kerjanya,Rabu (21|7).

Ia menjelaskan dari jumlah guru ASN yang berada dibawah naungannya dari sebanyak 300 orang. Sedangkan yang mendapatkan bantuan Zakat Infak Shadaqoh (ZIS) dari Baznas Lotim kurang dari 10 orang.

Dengan semuanya memiliki hutang atau gaji yang diterima setiap bulannya minus.Sehingga terlalu banyak setoran di bank tempat mereka berhutang.

Begitu juga guru ASN yang terjaring dapat bantuan dari Baznas Lotim setelah dilakukan seleksi.Dengan mengacu pada surat yang turun dari Baznas Lotim kepada kami untuk kemudian kami lakukan seleksi.‎

” Meski sudah mendapatkan sertifikasi tapi sudah diambil hutang duluan,” ujarnya seraya mengatakan ada sekitar 90 persen guru berhutang di bank.

Selain itu, lanjutnya, terhadap guru yang minus gajinya tidak ditarik zakat profesinya, karena tidak ada gajinya pulang akibat terlalu banyak hutang.

Sementara kalau wajar-wajar digunakan gajinya tentunya tidak akan berhutang. Karena ada gaji pokok,tunjangan hari raya, gaji ke-13 dan sertifikasinya, belum lagi yang lainnya.

” Kalau ditotal-total bisa dapat Rp 20 juta, sehingga kalau digunakan dengan seperlunya dan sesuai kebutuhan tentunya cukup dan tidak mungkin berhutang,” tandasnya.

Lebih jauh Kanit Dikbud Terara ini menyentil seharusnya jangan ASN dikatakan ghorimin, karena dianggap kurang bagus kedengarannya.

” Kurang baik kita dengar kalau ASN yang dapat bantuan dari Baznas dikatakan ghorimin,” tukasnya seraya mengatakan Baznas Lotim jangan terlalu dimanjakan ASN dapat bantuan, karena masih banyak yang lebih berhak mendapatkan.(Sam).

News Feed