oleh

Kodam XVII/Cenderawasih Menggelar Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika

SKI  | JAKARTA – Sebanyak 110 orang Siswa-Siswi yang berada di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom mengikuti kegiatan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, selama dua hari (24 s.d 25 Juni 2021) di Lapangan Denzipur 10/KYD, Waena.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Jumat (25/6/21), kegiatan tersebut mengambil tema “Membangun Pembinaan Teritorial Yang Adaptif Melalui Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Guna Membentuk Generasi Muda Yang Berwawasan Kebangsaan dan Memiliki Semangat Bela Negara”.

Selanjutnya, dalam sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Papua, Kristhina R. I. L Mano, S.IP, M.AP mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan pembina dalam kegiatan ini.

“Kegiatan perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk membentuk, membina generasi muda bangsa yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, berjiwa ksatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan kebhineka tunggal ikaan dengan semangat bela negara di masa depan,” jelas Kristhina.

“Selain itu juga dapat menjadikan para generasi muda senantiasa bertaqwa kepada Tuhan YME, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil, berpengetahuan, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kesetiaan kawanan yang tinggi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ka Kwarda juga berpesan agar para peserta senantiasa meningkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa.

“Generasi muda yang memiliki karakter yang akan menentukan nasib bangsa ini di masa mendatang. Di samping itu generasi muda juga harus memiliki mental, kepribadian yang kuat, ulet, tekun, disiplin, inovatif dan berkerja keras untuk dapat mendorong kemajuan bangsa dan negara ini,” pesannya.

Di tempat yang sama, Asisten Teritorial Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teddy Arifiyanto S., S.I.P menyampaikan bahwa kegiatan kepramukaan sangat penting untuk dilaksanakan karena membentuk generasi muda yang berkarakter dan memiliki kepribadian yang bagus.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat membuat, menambah dan meningkatkan kualitas, karakter dan kepribadian yang baik bagi generasi muda Papua khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom,” pungkas Aster Kasdam. (red).

News Feed