Komandan Lanal Bandung Hadiri Acara Tatap Muka Dengan Seluruh Pembina dan Ketua Tingkat Kepengurusan Jalasenastri Armada I

SKI | Bandung – Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., selaku Ketua Pembina Jalasenastri Cabang 9 Korcab III DJA I menghadiri acara Tatap Muka Pembina dan Ketua Daerah dengan seluruh Pembina dan Ketua Tingkat Kepengurusan Jalasenastri Armada I Tahun 2022, bertempat di Gedung OB. Syaaf Mako Kormada I Jakarta, Kamis (07/07/22).

Dalam pengarahannya, Panglima Koarmada I selaku Pembina Jalasenastri Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., menyampaikan bahwa Jalasenastri merupakan organisasi ekstra struktural TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk membantu kedinasan dalam meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI Angkatan Laut beserta keluarganya.

Peran sebagai istri prajurit TNI Angkatan Laut merupakan pilihan dengan segala konsekuensi yang ada, harus mampu menjadi pendorong bagi suami untuk meningkatkan prestasi dalam kesatuannya, sebagai ibu dari anak-anak harus mampu mengemban tugas-tugas Jalasenastri yang bersifat sosial untuk kemajuan organisasi dan harus mampu menjaga kondisi rumah tangga yang harmonis.

Pesan sebagai ibu rumah tangga harus dapat membina putra-putrinya agar mampu mengendalikan kehidupan keluarga secara baik dan benar, harus dapat berpikir secara inovatif dan kreatif dalam memilih cara-cara yang tepat untuk memberikan perhatian serta bimbingan pendidikan dan etika bagi anak-anak, tetap terapkan pola hidup hemat dalam keluarga, tanamkan sikap tersebut pada anak sedini dan waspadai perkembangan bahaya narkoba di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Peran sebagai anggota Jalasenastri, ibu-ibu memperoleh kesempatan selain bakti kepada keluarga juga kesempatan bakti kepada masyarakat, bangsa dan negara, harus mampu menghayati peranan dan kedudukannya sebagai pendamping prajurit TNI Angkatan Laut, dapat mendukung dan mengabdikan diri kepada suami sebagai prajurit TNI Angkatan Laut, harus dapat memilah saat melaksanakan peran sebagai istri, sebagai ibu, sebagai anggota organisasi dan anggota masyarakat serta menjaga silaturahmi antar sesama anggota Jalasenastri tanpa memandang strata kepangkatan suami.

Selain itu, Pangkoarmada I menyampaikan beberapa pesan yang harus dipedomani diantaranya jauhi narkoba, bijak menggunakan media sosial, kontrol gaya hidup, jangan tergiur investasi bodong, berikan pendampingan kepada anak, pelihara komunikasi keluarga, hindari sikap sawang sinawang dan jangan iri dengan pencapaian orang serta bijak dalam mengikuti Pemilukada dan pahami situasi kedinasan suami, berikan dukungan kepada suami serta selalu bersyukur. Mengapa hal itu perlu disampaikan kepada ibu karena dibalik kesuksesan seorang suami ada istri yang hebat disampingnya yang selalu mendukung dengan kasih sayang yang tulus dan doa yang tidak pernah terputus.

Sumber: Pen Lanal Bandung