Kwarcab Jepara Tuan Rumah Perti Kalpataru III Kwarda Jawa Tengah Tahun 2023

SKI | Jepara – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Jepara menjadi tuan rumah kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru atau (Perti Kalpataru) Kwartir Daerah Jawa Tengah ke-3 Tahun 2023. Agenda tersebut dilaksanakan selama empat hari mulai 11-14 Juli, di Pantai Tirta Samudera Bandengan, Selasa (11/7/2023).

Acara dibuka secara resmi oleh Siti Atikoh Supriyanti, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah.

Hadir dalam kesempatan itu, Widi Hartanto Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, selaku Kamabisaka Kalpataru Kwarda Jawa Tengah, Jajaran Pimpinan Kwarda Jawa Tengah beserta andalan.

Edy Supriyanta, Bupati Jepara selaku Kamabicab Jepara, Hesti Nugroho Ketua Kwartir Cabang Jepara, Hermawan Oktavianto, Ketua Mabisaka Kalpataru Kwarcab Jepara. Selain itu Juga hadir Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Dandim 0719 Jepara Mukhamad Husnur Rofiq, serta tamu undangan.

Pertikalpataru Jateng Tahun 2023 diikuti oleh perwakilan 6 aggota Saka Kalpataru Putra, 6 anggota saka Kalpataru Putri, 1 orang Pinkon dari Unsur DKC, dan 1 orang Bindamping dari unsur DLH kabupaten Kota se Jawa Tengah. 23 Kwartir Cabang ikut berpartisiasi dalam kegiatan ini dengan total 243 peserta, 23 Pinkon,dan 23 bindamping.

Perkemahan Bakti Saka Kalpataru merupakan sebuah ajang bagi Anggota Saka Kalpataru se-Jawa Tengah untuk berkolaborasi dalam bakti dan menunjukkan eksistensi Gerakan Pramuka di tengah masyarakat.

Dalam sambutannya, Kamabicab Jepara Edy Supriyanta mengatakan sebuah kehormatan dan penghargaan bagi Jepara terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Perti Kalpataru III Tahun 2023.

Menurut Edy Supriyanta, Pantai Tirta Samudera Bandengan adalah kepingan puzzel dari 82,73 kilometer panjang garis pantai di Jepara. Potensi bahari ini tidak hanya melahirkan destinasi wisata pantai yang indah. Tetapi menjadi sumber kehidupan masyarakat pesisir.

Edy Supriyanta berharap, merawat keindahan dan sumber kehidupan, kepedulian terhadap pelestarian lingkungan perlu terus digelorakan kepada generasi muda.

“Melalui kegiatan Perti Kalpataru III, dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kecakapan serta rasa kepedulian dan tanggung jawab dalam mengelola, menjaga, mempertahankan, serta melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan mendatang,”kata Edy Supriyanta.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Siti Atikoh Supriyanti menyambut baik dan mengapresiasi Perti Kalpataru Tingkat Kwarda Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan salah satu satuan karya yang sangat aktif.

“Hal ini terlihat dari Indikator antara lain potongan kegiatan Saka di media sosial sangat luar biasa. Saya terus memantau kegiatan Saka, Kwarcab, maupun Saka Milenial,” tuturnya.

Kemudian melalui kegiatan bakti yang dilakukan terus menerus semakin meningkat di kemudian hari. Sehingga akan menginspirasi Saka-Saka lainnya di Jawa Tengah.

Lanjut, Atikoh Supriyanti, tujuan gerakan Pramuka adalah mengajak setiap anggotanya memiliki kesadaran dan kewajiban melestarikan Lingkungan. Apalagi temanya sesuai dengan Hari Lingkungan Hidup, Solusi untuk Polusi Plastik.

“Gerakan peduli lingkungan harus di sengkuyu dan digaungkan di bumi Jawa Tengah. Agar ada solusi terkait dengan lingkungan,”ucap Siti Atikoh.

Siti Atikoh Supriyanti menegaskan, peserta Perti Kalpataru III 2023 dapat menjadi agen dan duta penggerak lingkungan hidup. Dimulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari.

“Adik-adik peserta Perti Kalpataru yang saya cinta, semoga program strategis melestarikan lingkungan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya,”pungkasnya (Hani).