oleh

Lanal Dumai Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Dari Kolat Koarmada I

SKI | – Untuk mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan keterampilan baik perorangan maupun kelompok, Pangkalan TNI AL Dumai melaksanakan kegiatan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan TNI AL tingkat P1 dan P2 dari Kolat Koarmada I yang dipimpin oleh Danpuslat Pasrat Letkol Mar Hendra Zarnadi, S.Sos., M.Si., M.Tr. Opsla., selaku Katim. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 6-8 Juni 2022 di Mako Lanal, Jalan Yos Soedarso No. 1, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Senin (06/06/2022).

Pada acara Pembukaan Glagaspur yang dilaksanakan di Gazebo Mako Lanal Dumai, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, M.Tr. Hanla., menyambut baik dilaksanakannya kegiatan Glagaspur bagi prajurit Lanal Dumai.

“Hal ini untuk mengukur sejauh mana perkembangan, kemajuan dan keberhasilan pembinaan organisasi dalam kurun waktu tertentu di Lanal Dumai,” ujar Danlanal Dumai.

“Glagaspur ini sejalan dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk senantiasa meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi,” terangnya.

Demikian juga disampaikan Katim Kolat Koarmada I, dalam sambutannya membacakan amanat Dankolat Koarmada I diantaranya mengatakan, bahwa penyelenggaraan uji Glagaspur Pangkalan Tingkat P1 dan P2 merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan Pangkalan TNI AL, yang dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan atau persenjataan masing-masing bagian, serta pada pelaksanaan tugas secara bersama-sama baik secara teknis maupun taktis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi melalui upaya pengukuran tingkat kesiapsiagaan dan profesi tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkat kesiapan operasional satuan khususnya Pangkalan, terang Katim.

Kegiatan yang diujikan pada kegiatan Glagaspur, adalah Penaikan Bendera Rill, PBB, Uji Tulis, Pengecekan Software, PDD Khas, Jajar Kehormatan/Valreef, Upacara Pemakaman, Kebaharian, KOM, Bongkar Pasang Senjata, PHH, Hanlan, PEK, Evakuasi Medis, Menembak, Renang Militer, dan L1 L2 untuk unsur yang dimiliki Lanal Dumai.

Sumber: Pen Lanal Dumai