Lanal Palembang Gelar Upacara Peringatan  HUT TNI AL Ke-77 Tahun 2022

SKI, Palembang,- Lanal Palembang melaksanakan Upacara Peringatan HUT TNI AL Ke-77 Tahun 2022 di Lapangan Apel Mako Lanal Palembang, Senin (12/09/2022).

Upacara ini merupakan acara puncak peringatan Dirgahayu ke-77 TNI Angkatan Laut, yang mana mengangkat tema “TNI Angkatan Laut Yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.”

Bertindak sebagai Irup Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., membacakan Amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang berisikan antara lain, “Sejarah pengabdian TNI AL pada Negara Kesatuan Republik Indonesia telah terukir dengan tinta emas sejak lahir bangsa ini, 77 tahun silam. Selama itu pula, TNI AL selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia.”

Saat Ibukota Jakarta membara dan dilanda kerusuhan pada tahun 1998, TNI AL hadir meredam para demonstran secara humanis, ketika KM. Sinar Kudus dibajak di Somalia, TNI AL berlayar ribuan mil menuju Teluk Aden, sigap dan tanggap membebaskan para sandera.

Ketika bangsa ini dilanda wabah Covid-19, TNI AL bergerak keseluruh penjuru negeri mengatasi Pandemi. Itulah sebagian kecil dari bukti nyata pengabdian tanpa pamrih TNI Angkatan Laut kepada negara kepulauan terbesar didunia yang kita banggakan ini.

Sebagai negara maritim laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan bangsa Indonesia. Kelangsungan hidup bangsa ini tidak akan pernah lepas dari bagaimana cara kita memandang lautan nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara untuk bertahan hidup, sumber daya perikanan dan pariwisata bahari serta sumber daya alam lainnya yang terkandung dibawah laut membuktikan bahwa sektor maritim memegang peran penting bagi tumbuh kembang bangsa Indonesia.

Dalam merespon tantangan tersebut, TNI AL melaksanakan pembangunan kekuatan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan tempur Alutsista, dengan upaya modernisasi kelengkapan sarana dan prasarana serta dukungan logistik terpadu.

Dibidang Organisasi, TNI AL melaksanakan Validasi dan Relokasi yang diarahkan untuk memperkuat kemampuan operasi, terutama di pulau-pulau terluar strategis serta daerah dengan kerawanan tinggi.

Berbagai terpaan dan ujian dialami bangsa ini, namun sejarah membuktikan kita selalu mampu bangkit berdiri tegak lebih kuat dari sebelumnya.

Bangsa yang kuat bukanlah bangsa yang tidak pernah jatuh dalam menghadapi ujian dan tantangan, namun bangsa yang ketika jatuh mampu bangkit berdiri lebih kuat. Seperti hal nya pelaut yang tangguh, bukan pelaut yang tidak pernah mabuk laut bila menghadapi badai dan gelombang, namun pelaut yang bila mabuk laut ia tetap berdiri menghadapi badai yang menghadang.
“Pulihlah Indonesia Ku, Bangkitlah Lebih Kuat, Jayalah Selalu TNI AL”

Adapun rangkaian kegiatan dalam menyambut peringatan Dirgahayu ke-77 TNI AL, diantaranya tanggal 06 September 2022 acara khitanan dan donor darah, tanggal 07 September 2022 gerakan Nasional  Laut Bersih di Sepanjang Sungai Musi, tanggal 09 September 2022 Gerakan Nasional Penanaman Sorgum.

Selesai upacara dilanjutkan dengan acara ramah tamah bersama seluruh Prajurit Lanal Palembang bertempat di Aula SMB II Mako Lanal Palembang dengan pemotongan tumpeng oleh Danpanal Palembang didampingi oleh Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab III DJA I Ny. Ria Widyo Sasongko dan diberikan kepada prajurit Lanal Palembang yang termuda.

(Pen Lanal Palembang)