Lanal Sibolga Dukung Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Serentak Dalam Rangka HUT TNI AL Ke-77 Tahun 2022

SKI, Sibolga,- Dalam upaya mendukung program ketahanan pangan bagi personil TNI AL dan masyarakat sekitar, dalam rangka memperingati HUT TNI AL yang ke-77, Danlanal Sibolga memimpin penanaman Sorgum di Lahan Ketahanan Pangan Rumdis TNI AL Komplek OWA, Jalan Sibolga-Barus KM. 4,5 Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Selatan, Jum’at (09/09/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan nasional dan serentak di 77 titik yang terpusat di Cariu Kabupaten Bogor yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono diwakili oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dan diikuti secara virtual melalui video conference oleh Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M. Tr. Opsla didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab II DJA I Ny. Marina Cahyo Pamungkas beserta tamu undangan dengan tema “Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum, TNI AL Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Hal tersebut sesuai dengan salah satu perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono yakni mengenai kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menindaklanjuti Program Ketahanan Pangan Nasional, terutama untuk memenuhi ketersediaan pangan ketika terjadinya musim paceklik atau gagal panen padi. Tujuan adanya kegiatan penanaman Sorgum untuk mengenalkan lebih jauh kepada masyarakat tentang tanaman ini dan mengajak masyarakat Indonesia untuk turut serta mendukung program ketahanan pangan nasional khususnya dari sektor bahan pangan alternatif selain padi.

Dalam kegiatan ketahanan pangan ini Lanal Sibolga menaman bibit sorgum secara langsung sebanyak 1 kilogram diatas lahan tanah 400 meter.

Hadir dalam acara tersebut, Prajurit dan PNS Lanal Sibolga, Jalasenastri Cabang 3 Korcab II DJA I, Camat Tapian Nauli Rinaldy Siregar, S.Sos., Koordinator BPP Hutaimbaru Fery Yoga Harefa dan Satpol PP Kecamatan Tapian Nauli yang diwakili oleh R. Nainggolan.

(Pen Lanal Sibolga)