Lanal Sibolga Peringati Puncak HUT TNI AL Ke-77

SKI, Sibolga,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M.Tr. Opsla., memimpin Upacara Peringatan HUT ke-77 TNI Angkatan Laut Tahun 2022, di Lapangan Apel Trisila Markas Komando (Mako) Lanal Sibolga, Jalan S.Parman No.26, Ps. Belakang, Kota Sibolga, Senin(12/09/2022).

Dalam upacara peringatan HUT ke-77 TNI AL tahun 2022 tersebut, Komandan Lanal Sibolga membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono bahwa sejarah pengabdian TNI AL kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah terukir dengan tinta emas sejak lahirnya Bangsa Indonesia 77 tahun silam. Selama itu, TNI AL selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan Bangsa dan Negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Mulai dari pendaratan Pasukan-M di selat Bali, pertempuran Laut Aru, hingga pertempuran di Laut Cirebon, merupakan fakta sejarah pengabdian TNI AL kepada Negara.

“Torehan tinta pengabdian ini tidak berhenti sampai disitu. Saat Ibu Kota Jakarta membara dilanda kerusuhan massa tahun 1998, TNI Angkatan Laut hadir meredam para demonstran secara humanis,” ungkap Danlanal Sibolga saat membacakan amanat Kasal.

Kedepan, tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia tidak mudah. Karenanya membutuhkan sumber daya manusia, dalam hal ini prajurit yang menguasai keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat.

“Untuk itu, TNI Angkatan Laut selalu berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bentuk profesionalisme prajurit untuk menyiapkan para pengawak kekuatan angkatan laut ke depan. Karena tuntutan akan keunggulan Sumber daya manusia ini adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar” demikian diantaranya amanat KASAL yg dibacakan dalam upacara HUT TNI AL Tahun 2022.

Dalam upacara yang penuh khidmat ini diikuti oleh seluruh personil Lanal Sibolga, kemudian dilanjutkan acara tambahan untuk merayakan HUT TNI Angkatan Laut ke-77 syukuran di Aula Zulkifli Tanjung Mako Lanal Sibolga yang juga diikuti Ketua Cabang 3 Korcab II DJA I Ny. Marina Cahyo Pamungkas beserta pengurus, seluruh Prajurit dan PNS Lanal Sibolga.

(Pen Lanal Sibolga)