oleh

Lotim Terbaik Laju PDRB

-Ekonomi-71 views

SKIl Lombok Timur-Meskipun perekonomian mengalami perlambatan pertumbuhan sebagai dampak pandemi covid-19 sepanjang 2020, laju pertumbuhan PDRB Lombok Timur masih yang terbaik di Nusa Tenggara Barat, jika mengesampingkan sektor pertambangan atau tanpa bijih logam.

Kemudian berdasarkan rilis BPS per-26 Februari, Lombok Timur menduduki posisi Kabupaten dengan kontraksi ekonomi terendah diantara seluruh Kabupaten/Kota yang ada di NTB. Artinya, Lombok Timur merupakan Kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di NTB sepanjang tahun 2020.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi Sekretaris Daerah Lotim,HM. Juaini Taofik bersama Kepala BPS Kabupaten Lotim diruang kerja Sekda,Selasa, (09/03).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan guna mengetahui kondisi perkembangan ekonomi Kabupaten Lombok Timur selama pandemi covid-19 dan langkah yang tepat untuk menyikapinya

Sekda Lotim mengatakan keunggulan dalam sektor pertanian yang dimiliki Kabupaten Lotim menjadi suatu keuntungan karena sifatnya yang relatif konsisten, berbeda dengan sektor pariwisata yang mengalami penurunan cukup signifikan selama pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, pihaknya berharap ke depannya sektor pertanian harus terus dimaksimalkan. Selain sektor pertanian, Kabupaten Lombok Timur juga diuntungkan dengan adanya pertambangan galian c yang berkontribusi meningkatkan sektor perdagangan.

Kemudian galian c tersebut hingga saat ini masih dimanfaatkan oleh pembangunan sektor pariwisata Lombok Tengah yang berfokus di kawasan wisata Mandalika.

” Kemandirian masyarakat dinilai menjadi faktor pendukung rendahnya kontraksi ekonomi di Lotim,”tegas Sekda Lotim.(Sam).

Komentar

News Feed