Mantapkan Sinergitas, Danrem Wijayakusuma Pimpin Apel Sinergitas dan Patroli Skala Besar

SKI | Purwokerto – Guna untuk mewujudkan soliditas dan sinergitas diwilayah khususnya di Banyumas, agar kondusifitas semakin kondusif menjelang dinamika perkembangan situasi kedepannya baik menjelang bulan suci Ramadhan, Idul Fitri maupun menjelang digelarnya pesta demokrasi tahun 2024, serta berbagai kemungkinan kerawanan yang timbul diwilayah, TNI Polri Banyumas gelar Apel Sinergitas dengan tema TNI – Polri Jawa Tengah Hadir Siap Mendukung Agenda Nasional, Internasional Tahun 2023 dan Pemilu 2024, Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan, Selasa (7/3/2023) di Alun-alun Purwokerto, Banyumas.

Apel Sinergitas tersebut dipimpin langsung Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., dengan didampingi Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K, M.H, diikuti prajurit Korem 071/Wijayakusuma, Kodim 0701/Banyumas, Yonif 405/Suryakusuma, Denpom IV/1 Purwokerto, Brimob Bataliyon D Banyumas, beserta unsur steakholder lainnya di wilayah Banyumas.

Kolonel Yudha Airlangga, mengatakan apel Sinergitas tersebut dilaksanakan dalam bentuk jam pimpinan TNI-Polri di wilayah yang diselenggarakan serentak diseluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

“Tujuan dari apel Sinergitas ini, untuk memantapkan hubungan sinergitas dan soliditas komponen dan elemen masyarakat diwilayah agar kondusifitas wilayah khususnya di wilayah Banyumas semakin kondusif dan semakin mantap untuk menghadapi perkembangan situasi baik menjelang bulan suci Ramadhan, Idul Fitri maupun dalam rangka menjelang digelarnya pesta demokrasi di 2024 mendatang”, terangnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini akan terus berlanjut kedepannya ditingkat eks Karesidenan Banyumas yakni Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap. Sedangkan ditingkat Jawa Tengah akan digelar di Semarang pada 14 Maret 2023 dihadiri Pangdam IV/Diponegoro dan Kapolda Jawa Tengah.

Orang nomor satu di Wijayakusuma ini menegaskan, untuk meningkatkan kerjasama dengan segenap steakholder di wilayah dan elemen masyarakat, modalnya adalah saling percaya untuk menciptakan kondusifitas wilayah bersama-sama.

“Kami TNI siap mendukung Polri untuk melaksanakan tugas perbantuan pengamanan wilayah”, tegasnya.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K, M.H mengatakan apel Sinergitas ini guna untuk mempererat dan memperkokoh sinergitas TNI-Polri, khususnya personel TNI-Polri yang bertugas langsung ditengah masyarakat.

Kombes Pol Edy Suranta juga mendukung penyampaian Danrem Wijayakusuma bahwa dengan kegiatan jam pimpinan ini, sinergitas TNI-Polri di wilayah akan semakin mantap untuk mengawal jalannya pemerintahan.

Menurut Kapolresta, situasi Kamtibmas di Banyumas sangat kondusif baik dalam tingkat kriminalitas maupun lainnya tidak ada yang menonjol.

Ia juga mengatakan, pihaknya dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi akan melaksanakan patroli gabungan skala besar setiap malam yang melibatkan personel TNI dan Polri.

“Diharapkan kegiatan ini, dapat memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat Banyumas”, pungkasnya.

Usai dilaksanakan apel Sinergitas dengan tema jam pimpinan tersebut, Danrem 071/Wijayakusuna dan Kapolresta Banyumas beserta segenap personel TNI dan Polri, menggelar patroli gabungan skala besar diwilayah Purwokerto dan sekitarnya. (Samsl).