728 x 90
Mata Publik, Tajam, dan Terpercaya
Wartawan Swara Konsumen Indonesia Dilengkapi Dengan KTA Yang Masih Berlaku Dan Surat Tugas Peliputan, Nama Tercantum Didalam Box Redaksi
IMG-20190814-WA0033

SKI,LOTIM – Warga Desa Pohgading, Kecamatan Pringgebaya sepakat untuk menolak semua jenis aktivitas tambang pasir besi yang dilakukan PT Anugerah Mitra Graha (AMG) di wilayah pantai Dedalpak. Pernyataan itu disampaikan warga dalam rapat semua tokoh Desa Pohgading di aula kantor Desa Pohgading,Rabu (14/8). Dalam rangka menyikapi masuknya alat tambang milik PT AMG di pantai Dedalpak.

Kemudian sebagai bentuk penolakan dari hasil rapat tersebut,dibuatkan pernyataan penolakan tambang pasir besi di wilayah Pohgading. Untuk disampaikan ke Camat Pringgebaya,termasuk ke Bupati Lotim dan Gubenur NTB.

Hadir dalam kegiatan rapat tersebut, Kades Pohgading, Mukti, Ketua BPD, H. Rusna bersama anggota BPD, para Kadus se-Desa Pohgading, Toga, Toma dan Toda se-Desa Pohgading.

Kepala Desa Pohgading, Mukti yang memimpin rapat tersebut menyampaikan bahwa penolakan masalah tambang pasir besi ini sudah lama dilakukan masyarakat desa Pohgading. Karena tambang pasir besi yang dilakukan PT AMG menimbulkan persoalan ditengah-tengah masyarakat.

Apalagi sampai saat ini pihak perusahaan tidak pernah melakukan komunikasi dengan pihak desa. Kemudian beberapa hari lalu dari pihak PT AMG kembali memasukkan alatnya ke wilayah pantai Dedalpak, sehingga ini menjadi permasalahan.

” Warga sudah menolak sejak dulu masalah penambangan pasir besi itu, kemudian tiba-tiba perusahaan memasukkan alatnnya, sehingga tentu mengundang reaksi dari masyarakat,” tegasnya.

Ia menjelaskan dalam melakukan penolakan hendaknya harus melalui prosedur yang ada, dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang akan merugikan kita semua nantinya. Dengan belajar dari pengalaman desa tetangga, agar tidak terjadi di tempat kita.

Selain itu meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati masuknya oknum yang tidak bertanggungjawab di wilayah Desa Pohgading. Dengan berusaha melakukan provokasi kepada warga Pohgading dalam melakukan penolakan pasir besi.

“Hasil pertemuan ini nantinya kita sampaikan ke pihak yang bertanggungjawab dalam masalah ini yakni pemerintah daerah dan pemerintah provinsi,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Ketua BPD Pohgading, H. Rusna meminta kepada warga Pohgading untuk berpikir dengan jernih dalam menyikapi masuknya alat milik PT AMG di wilayah pantai Dedalpak. Dengan tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis yang akan merugikan masyarakat sendiri nantinya.

 
” Kita tidak ingin masalah yang sama  pernah terjadi menimpa desa tetangga dengan adanya aksi anarkis melakukan penolakan pasir besi,kemudian berurusan dengan hukum warga masyarakat tersebut, akan tapi setelah itu tidak ada yang bertanggungjawab atas masalah tersebut, itu yang tidak kita inginkan,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dirinya meminta agar warga Desa Pohgading jangan melakukan tindakan anarkis dalam melakukan penolakan. Tapi hendaknya diselesaikan dengan musyawarah bersama. Untuk kemudian hasilnya diserahkan kepada pemerintah untuk melakukan pengkajian atas persoalan tambang pasir besi itu.

” Kalau masyarakat setuju apa komitmen yang akan diberikan oleh perusahaan kepada masyarakat,akan tapi kalau tidak setuju tentunya harus disampaikan dengan baik apa yang menjadi aspirasi masyarakat agar jelas,” ujarnya.

Kemudian Wakil Ketua BPD, Ustaz Musahan menegaskan sudah sejak dari dulu masyarakat Desa Pohgading menolak adanya tambang pasir besi.Namun kemudian masalah muncul lagi ketika perusahaan memasukkan alatnya ke pantai Dedalpak dengan mendapatkan pengawalan ketat aparat keamanan.

Begitu juga Seharusnya masuknya alat berat milik PT AMG harus ada pemberitahuan ke desa. Tapi ini tidak, lalu kenapa dipaksakan masuk alat milik perusahaan itu masuk, sehingga inilah yang menjadi masalah.

” Melalui Forum ini kita bersama-sama menyatukan tekad dan komitmen kita untuk menyelesaikan masalah ini masuknya alat milik perusahaan itu maupun masalah tambang pasir besi dengan menempuh jalur yang baik. Tapi yang jelas kita semua menolak tambang itu,”tugasnya.

Kemudian dilakukan dialog dalam mendengarkan penyampaian masing-masing warga dalam pertemuan tersebut. Dengan semuanya sepakat untuk menolak apapun bentuk kegiatan tambang pasir besi.

Desa dan BPD segera membuat surat pernyataan penolakan tambang pasir besi di Desa Pohgading kepada Camat, Bupati dan Gubenur, untuk kemudian kita kawal surat itu agar jelas, tegas tokoh masyarakat, Srijudin dalam penyampaiannya dengan semangat berapi-api.(Red Ski).

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Arhanud TNI AD Uji Tembak Rudal Canggih

Sab, 24 Agu 2019 12:33:12am

SKI|Jakarta - Kegiatan Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) Terintegrasi yang melibatkan Rudal-Rudal canggih seperti Mistral, Starstreak dan...

Rudal-Rudal Arhanud TNI AD Hancurkan Sasaran Di Udara

Sab, 24 Agu 2019 12:26:17am

SKI|Jakarta - Kemampuan rudal-rudal Arhanud kembali teruji, setelah dalam Latancab Kartika Yudha 2019 berhasil memukau para pejabat TNI dan TNI AD...

Begini Warung Ala TNI Yang Digemari Masyarakat

Jum, 23 Agu 2019 11:55:51pm

SKI|Bekasi - Koramil Pondok Gede Kodim Bekasi menyelenggarakan Warung Berkah di Alun-alun Kota Bekasi, Jalan Veteran Raya, Kelurahan Marga Jaya,...

Kapolsek Nangung Beserta Muspika Meninjau Loķasi Terdampak Gempa

Jum, 23 Agu 2019 10:04:20pm

SKI|Bogor - Lokasi terdampak gempa Kp. Talahab Kontrak RW. 09 Desa Malasari, Kapolsek Nanggung AKP Asep Saepudin, SH beserta Muspika Nanggung dan...

Korban Perampokan Indomart Dibesuk Binmas Dan Matwil Duri Kosambi

Jum, 23 Agu 2019 01:33:53pm

SKI| Jakarta - Bhabinkamtibmas Kelurahan Duri Kosambi Polsek Cengkareng Bripka Achmad Haris bersama Matwil Aipda Imam membesuk korban perampokan...

Ngaku Polisi, Pelajar SMK Favorit Di Lotim Dibegal Di Kawasan Pantai Labuhan Haji

Jum, 23 Agu 2019 01:19:18pm

SKI|LOTIM - Salah seorang pelajar Sekolah Menengah Keguruan (SMK) Favorit di Kabupaten Lombok Timur dengan inisial TN dibegal di kawasan pantai...

Louncing Transportasi Massal “Bus Trans Patriot” Lengkapi Kebutuhan Transportasi Di Bekasi

Jum, 23 Agu 2019 02:03:31am

SKI|Bekasi - Tingkatkan pelayanan bidang transportasi di Kota Bekasi , Dinas perhubungan Kota Bekasi melaunching Bus , Operasional Angkutan Massal...

Kapolres Demak Bersilaturahmi Dan Berdialog Bersama Para Jurnalis Demak

Kam, 22 Agu 2019 10:34:23pm

SKI, Demak - Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar mengajak para jurnalis Demak untuk menangkal berita hoax demi menjaga keamanan bangsa dan negara...

Hendak Tawuran, Binmas Kapuk Amankan Pelajar

Kam, 22 Agu 2019 10:18:47pm

SKI, Jakarta - Pada saat panas terik matahari semangat Binmas Kelurahan Kapuk Polsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat Aiptu Sudary SH Binmas...

Polsek Tanah Abang Ungkap Dua Polisi Gadungan Dan Dua Pengamen Waria

Kam, 22 Agu 2019 09:45:49pm

SKI, Jakarta - Kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada masyarakat ialah suatu tugas pokok yang...

Berita Terbaru

NUSAN

EKONOMI

PERISTIWA

!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics -->
%d blogger menyukai ini: