Obor Porprov Dikirab Menuju Finis

SKI | Jepara – Estafet kirab Obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke XVI Jawa Tengah kembali menempuh perjalanan. Setelah menginap di Pendopo Kartini Jepara semalam obor ini kembali dikirab. Diarak melalui jalur utara untuk finis di Pati, Jumat siang (4/8/2023).

Nyala obor tersebut bersumber dari Api Abadi Mrapen, Grobogan. Selanjutnya dikirab secara berantai oleh sejumlah daerah. Jepara yang jadi salah satu tuan rumah di Pati Raya, menerima estafet simbol pembuka ajang porprov itu dari Kudus.

Pemberangkatan kembali estafet obor porprov dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko. Itu ia serahkan kepada Ketua KONI Jepara Syamsul Anwar, untuk dikirab menuju perbatasan Jepara—Pati. “Kita lanjutkan kirab obor ke daerah perbatasan dengan Pati,” ujarnya.

Dengan singgahnya obor ini semalam di Jepara, Sekda Edy harap bisa jadi pelita penerangan prestasi kontingen Kota Ukir. Melalui pewarisan prestasi dari generasi ke generasi di segala kompetisi. “Semua prestasi olahraga harapannya selalu berestafet dari generasi ke generasi,” kata dia.

Dari Bumi Kartini menuju perbatasan, arak-arakan obor turut diikuti pasukan Banser GP Ansor PCNU Jepara. Mereka juga menyuguhkan pertunjukan _marching band_, mengiringi serah terima estafet obor ke Pati.

Perhelatan multi-ajang olahraga tersebut akan digelar hingga 11 Agustus nanti. Total melombakan 57 cabor dengan 70 disiplin dan 869 nomor pertandingan. Sebelas cabor di antaranya dilangsungkan di 14 arena di Jepara.

Cabor-cabor yang dihelat di Bumi Kartini, meliputi sepak takraw, sepak bola, futsal, squash, woodball, pentanque, renang, selam, triathlon, dansa, dan sepeda. Sedangkan sisanya diputar di Pati, Kudus, Blora, Grobogan, dan Rembang.

Dalam kompetisi tersebut kontingen Jepara mematok target dapat meraih juara umum. Sebagaimana disampaikan Penjabat Bupati Edy Supriyanta saat ditemui awak media, usai menerima estafet obor di Pendopo Kartini 3 Agustus kemarin. “Targetnya ya juara umum, berapa-berapa pun medali emasnya,” ujarnya.

Setibanya di perbatasan Jepara—Pati, obor yang dikirab dengan berjalan diserahkan. Tepat berada di bawah gapura perbatasan. Penyerahan oleh Sekda Jepara dan diterima Asisten II Sekda Pati Nasikun.

Selain sebagai salah satu tuan rumah Porprov Ke-16 Jateng, Jepara juga dipercaya untuk menggelar seremoni penutupan ajang ini. Acara tersebut bakal berlangsung meriah di Stadion Gelora Bumi Kartini. Pentas hiburan musik bakal tersaji bersama pertujukan kembang api. (Hani)