Pangkalan TNI AL Dumai Laksanakan SAR Laka Laut SPOB Melisa dan TB AB Di Perairan Kuala Gasib Sungai Siak

SKI, Dumai,- Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai melalui Pos Angkatan Laut (Posal) Bengkalis bersama Tim Search and Rescue (SAR) gabungan melaksanakan evakuasi terhadap laka laut antara TB AB dengan SPOB Melisa pada posisi 0°43’49,956″N
101°40’58,086″E yang bertabrakan pada hari Selasa, 23 Agustus pukul 19.00 WIB disekitar Perairan Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib Sungai Siak Kabupaten Siak, Kamis (25/08/2022).

TB AB/tongkang bertolak dari Perawang tujuan Pakning sedangkan dari arah yang berlawanan SPOB Melisa 1 dari Tanjung Uban menuju Pekanbaru dengan kondisi mengikuti arus. Sesampainya di Tanjung Sungai Gasib pada saat berpapasan SPOB Melisa menghantam haluan TB AB yang mengakibatkan tenggelamnya TB AB. Setelah TB AB dihimpit tongkang dan SPOB Melisa dengan spontan ABK yang berjumlah 7 orang berusaha menyelamatkan diri, namun 1 orang atas nama Irvan Simanjuntak (juru mudi) untuk sementara dikabarkan hilang.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, M.Tr.Hanla, melalui Danposal Bengkalis Lettu Laut (P) Hasanul Ardi mengatakan setelah memperoleh informasi tersebut, anggota Posal Bengkalis melalui Babinpotmar Perawang terjun langsung dengan Tim Basarnas setempat guna percepatan SAR dan evakuasi terhadap TB AB.

Sampai dengan hari ketiga, Posal Bengkalis melalui Babinpotmar Perawang bersama Tim SAR gabungan melaksanakan pencarian terhadap 1 (satu) ABK yang dikabarkan hilang, dengan hasil pada pukul 08.12 WIB Tim SAR berhasil menemukan jenazah korban atas nama Irvan Samuel Simanjuntak di daerah Teluk Telepung pada posisi 0°46’53,784 N 101°43’25,284 E atau 0,5 Mil dari tempat kejadian laka laut. Selanjutnya jenazah dibawa menuju ke Puskesmas Perawang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hal ini sejalan dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu TNI Angkatan Laut menjaga kepercayaan rakyat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat seperti melaksanakan SAR terhadap ABK TB AB.

Sumber: Pen Lanal Dumai