oleh

PDAM Loteng Bangunkan Jaringan baru Khusus Untuk Masyarakat Dusun Pondok Gendang

SKI| Lombok Tengah – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ardia Rinjani Lombok Tengah membuat jaringan khusus untuk layanan air bersih bagi masyarakat sekitar sumber mata air Dusun Pondok Gedang, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah

Pjs. Direktur Utama PDAM Bambang Supratomo mengatakan, bahwa jaringan baru ini dibangun sebagai upaya pihaknya untuk membantu masyarakat di sekitar sumber air yang dikelola PDAM.

“Ini bentuk CSR kita ke masyarakat di wilayah sumber air, sehingga jangan sampai warga di sumber mata air malah susah dapat air,” katanya Senin (7|8)

Selain itu, pihaknya juga membangunkan jaringan khusus masyarakat di Dusun Pondok Gedang serta memberikan pelatihan tekhnis agar masyarakat memahami sistem jaringan air perpipaan sehingga masyarakat tidak asal memasang.

“Kita akan latih mereka juga agar bisa paham layanan sistem jaringan perpipaan, karena masyarakat akan mengelola sendiri jaringan ini nantinya,” imbuhnya.

Sementara untuk pembangunan jaringan sendiri akan dilakukan dalam waktu dekat setelah dilakukan survei oleh tim perencana.

“Akan disurvei dulu oleh tim perencana, mana sumber mata air yang siap dimanfaatkan oleh masyarakat nanti,” tandasnya.

Lebih lanjut, hal itu dilakukan untuk meminimalisir upaya masyarakat mengganggu jaringan PDAM sehingga tidak menghambat penyaluran ke pelanggan.

“Nanti itu kalau sudah berfungsi akan di kelola oleh masyarakat lansung,” pungkasnya (Riki).