Penerapan Pembayaran Parkir Non-tunai di Bandara Lombok Berlaku per 1 Agustus

SKI| Lombok Tengah – Penerapan Pembayaran Parkir Non-tunai atau Cashless di Bandara Lombok untuk kendaraan roda empat mulai diberlakukan per 1 Agustus 2023

General Manager Angkasa Pura 1 Rahmat Adil Hidayat menerangkan bahwa, penerapan parkir konvensional ini diharapkan dapat memberikan transaksi lebih cepat dan efisien serta dapat meningkatkan budaya itu

Selain itu, pembayaran dengan Non-tunai ini juga dapat menghindari selisih pembayaran di parkir bandara.

“Diharapkan banyak memberikan manfaat dan sistem ini bisa lebih nyaman,” katanya.

Adil juga menjelaskan bahwa, penerapan cashless sendiri sudah diterapkan terlebih dahulu di Pelabuhan Lembar Lombok Barat dan mudahan juga bisa diterapkan di Bandara sendiri.

“Banyak yang meragukan ini hisa diterapkan di Lombok Tengah, tapi kami akan buktikan, Kalau bukan sekarang kapan lagi,” tuturnya.

Kemudian untuk langkah sosialisasi sendiri, pihaknya sudah melakukan itu sejak 2 bulan terakhir, mulai sejak tanggal 1 Juni yang diterapkan dengan satu tol gate dibulan itu.

Selanjutnya pada bulan 1 Juli juga diterapkan 2 tolgate, sehingga hal itu akan dapat memberikan pengetahuan bagi para pengendara.

“Sosialisasi sudah kita lakukan sejak bulan Juni lalu,” ungkapnya.

Namun untuk penerapan cashless bagi roda dua masih belum diterapkan, seperti diketahui roda dua lebih banyak keluar masuk dari pada kendaraan roda empat.

“Untuk roda dua bertahap nanti, tapi akan kita terapkan.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB Deri Arifsyah Harahap menerangkan bahwa, untuk masyarakat yang belun mempunyai kartu pembayaran secara Non-tunai sudah disediakan di retail-retail modern.

“Bagi yang belum mempunyai, bisa mencari di retail modern ,” katanya

Begitu juga dengan pengisian saldo, bisa dilakukan di retail modern atau juga di Bank sesuai dengan kartu itu (Riki).