oleh

Peringati HUT Ke-77 TNI, Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Laksanakan Bhakti Sosial Kesehatan dan Pemberian Bantuan Paket Sembako

SKI | Aceh Utara,- Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-77 tahun 2022 pada tanggal 5 Oktober 2022, Pangkalan TNI Angkatan Laut Lhokseumawe menggelar Bakti Sosial Kesehatan serta pemberian bantuan paket sembako kepada masyarakat pesisir yang dilaksanakan di Meunasah Gampong Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (30/09/2022).

Pangkalan TNI Angkatan Laut Lhokseumawe bekerjasama dengan PT. Harbour Energy menerjunkan Tim Tenaga Kesehatan Balai Pengobatan (BP) Lanal Lhokseumawe yang dipimpin dr. Racha Suhendra dan dibantu Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Blang Geulumpang Aceh Utara untuk melayani masyarakat yang antusias untuk memeriksanakan kesehatan.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sesuai perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam rangka memperingati HUT TNI ke-77 Tahun 2022, agar seluruh satuan kerja TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan bhakti sosial dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan tema “TNI Adalah Kita” yang bermakna bahwa TNI adalah bagian dari masyarakat dan masyarakat adalah bagian dari TNI, sehingga TNI AL Lanal Lahokseumawe memilih Gampong Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon, karena melihat keadaan masyarakat khususnya masyarakat pesisir memang membutuhkan bantuan berupa kesehatan maupun bantuan sosial.

Desa ini merupakan tempat yang sering digunakan oleh para pelaku penyulundupan barang ilegal berupa narkotika jenis sabu-sabu, maka Pangkalan TNI Angkatan Laut Lhokseumawe sengaja melaksanakan kegiatan ini di Gampong Lhok Puuk Kecamatan Seunuddon, karena sebelumnya kita (TNI AL Lhokseumawe) mendapatkan/menemukan narkotika jenis sabu-sabu di kawasan ini berkat bantuan dari masyarakat sekitar.

Kolonel Dian menambahkan, kegiatan TNI AL ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa pihaknya telah melaksanakan patroli laut serta menjaga keamanan laut disepanjang pesisir guna mencegah masuknya narkotika. Tentunya ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesisir Gampong Lhook Puuk yang melaksanakan aktifitas melaut.

Danlanal Lhokseumawe juga mengapresiasi masyarakat Gampong Lhok Puuk yang terbukti berani ikut serta memberantas Narkotika di wilayah Aceh. Sebelum mengakhiri sambutannya, Danlanal menghimbau kepada masyarakat nelayan/pesisir jika mengetahui adanya hal-hal yang mencurigakan terkait peredaran narkoba di laut, agar segera menginformasikan kepada pihaknya. Kedepannya TNI dan masyarakat dapat saling membantu bersama TNI AL untuk menuntaskan masalah atau hal-hal yang bersifat negatif terkait penyulundupan narkotika,” ungkap Kolonel Dian.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud implementasi dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, masyarakat, Bangsa dan Negara.

Hadiri dalam Bhaksos Kesehatan dan pemberian bantuan paket sembako, CHSEMS dan Energy Response Specialist PT. Harbour Energy Achmad Syaroni, Base Coordinator Andaman I Rudi Supardi, Kepala Kesbangpol Aceh Utara Zulfadli, Keuchik Gampong Lhok Puuk Bahtiar, Pasintel Mayor Mar Darmo S, Paspotmar Mayor Laut (KH) Fahrizal, Panglima Laot Lhok Puuk M. Hasan, Kepala Puskesmas UPTD Blang Geulumpang Zaituni SKM, MKM.

Sumber: Pen Lanal Lhokseumawe.