728 x 90
Mata Publik, Tajam, dan Terpercaya
Wartawan Swara Konsumen Indonesia Dilengkapi Dengan KTA Yang Masih Berlaku Dan Surat Tugas Peliputan, Nama Tercantum Didalam Box Redaksi

Bandar Narkoba 2 Kg Tumbang Diterjang Timah Panas Personel Ditresnarkoba Polda NTB

Ming, 2 Agu 2020 08:55:30am

RK - Media Swarakonsumenindonesia

status_me_status_IMG-20200802-WA0021

SKIl NTB-Empat sindikat narkoba antar provinsi kembali digulung personel Polda NTB. Keempat pelaku dengan dua kilogram barang haram jenis sabu itu, diringkus Tim Opsnal Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda NTB di dua lokasi berbeda, satu di antaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena melawan saat akan ditangkap.

Direktur Reserse Narkoba Polda NTB Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma. P, S.I.K saat konferensi pers, Ahad (2/8), mengungkapkan bahwa tindakan tegas terhadap sindikat narkoba harus dilakukan, karena narkoba merupakan candu yang dapat merusak masa depan generasi bangsa.

"Bahaya narkoba sudah menjadi atensi pemerintah sehingga diterbitkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Karena itu, dukungan seluruh pihak sangat dibutuhkan sebagai motivasi kami, dalam memutus rantai peredaran dan memberantas sindikat narkoba," ungkapnya.

"Bila perlu, kalau melawan, lumpuhkan!," tegasnya.

Mantan Dirresnarkoba Kaltara itu mengatakan, dari keempat pelaku yang ditangkap tiga berasal dari Pulau Sumatera yakni inisial MF alias Panji (37), LRM alias Lita (24), dan RS alias Ayu (24). Sementara satu lainya merupakan warga NTB yakni inisial M alias Gemok (40).

"Ini adalah sindikat atau jaringan antar provinsi dengan BB yang cukup banyak yakni dua kilogram. Mereka (menunjuk pelaku, red) bertiga satu cowok dan dua cewek ini datang dari Medan, sedangkan yang satu ini adalah warga Kota Mataram, NTB," ujarnya.

Dijelaskan, penangkapan terhadap para pelaku berdasarkan informasi dari masyarakat, bahwa akan ada transaksi narkoba dalam jumlah besar yang selanjutnya dilakukan pelacakan terhadap kebenaran informasi tersebut. Dengan segenap sumberdaya yang ada dan teknologi cyber yang dimiliki Polda NTB, saya perintahkan Tim Opsnal yang dipimpin AKP. I Made Yogi Purusa Utama, S.I.K., untuk bergerak melakukan penangkapan setelah mengetahui pergerakan dan keberadaan pelaku.

Diketahui bahwa tiga pelaku akan melakukan transaksi narkoba di sebuah hotel wilayah Cakranegara, Kota Mataram. Namun oleh Tim Opsnal Ditresnarkoba Polda NTB ketiganya dicegat, Kamis (30/7) sekitar pukul 15.00 Wita, saat mobil yang mereka tumpangi (jasa transportasi Grab) melintas di Jalan AA. Gede Ngurah.

"Tiga pelaku satu cowok dan dua cewek ini ditangkap Tim Opsnal di Jalan AA. Gede Ngurah Cakranegara, Kota Mataram. Dimana ketiga orang ini rencananya akan melakukan transaksi narkoba di salah satu Hotel di Cakranegara," jelas Dirresnarkoba.

Dituturkan, ketiga pelaku kemudian dibawa ke salah satu hotel terdekat untuk dilakukan penggeledahan dan interograsi awal. Dengan disaksikan pengemudi jasa transportasi Grap dan petugas Hotel, Tim Opsnal membongkar dua koper milik pelaku yang di dalamnya ditemukan narkoba jenis sabu, yang dikemas dalam 18 botol bedak merek 'Enchenteur'.

"Berbagai macam cara para sindikat narkoba untuk mengelabui petugas agar bisa lolos. Kalau kemarin disimpan dalam sandal kulit, sekarang dimasukkan dalam botol bedak. Boleh saja Anda bisa lolos dari pemeriksaan petugas bandara, tapi kalian insya Allah tidak akan bisa lolos dari sergapan Ditresnarkoba," tandasnya.

Tidak berhenti sampai di situ, dari hasil interograsi awal dan pengembangan didapati nama pelaku ketiga inisial M alias Gemok, warga Jalan Rajawali 1 Selagalas, Kota Mataram sebagai mitra yang akan melakukan transaksi.

Untuk membekuk pelaku ketiga, Tim Opsnal Ditresnarkoba Polda NTB bersama Tim Opsnal Resnarkoba Polresta Mataram dan Tim Khusus (Timsus), menyusun skenario penyergapan dengan memanfaatkan MF alias Panji yang kemudian antara keduanya menyepakati transaksi di suatu tempat pada hari Jumat (31/7).

Sesuai kesepakatan, pukul 13.23 Wita pelaku inisial M alias Gemok telah stanby di lokasi yakni menunggu di Jalan Rajawali Raya Selagalas, dengan menggunakan sepeda motor merek Yamaha metic jenis Mio Soul warna putih. Pelaku sama sekali tidak mengetahui bahwa tim gabungan telah memetakan setiap sudut lokasi tersebut.

"Umpan dimakan, transaksi berjalan, pelaku inisial M alias Gemok pun berhasil diringkus. Nah, karena pelaku melawan dengan menggunakan sajam saat akan ditangkap, setelah diberikan tembakan peringatan namun tidak mau menyerah terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur serta terarah, pelaku dihadiahi timah panas oleh petugas," tutur Dirresnarkoba.

Jenderal dengan dua bintang bertengger di pundak itu menyebutkan, terhadap keempat pelaku pihak Ditresnarkoba Polda NTB akan menjerat dengan Pasal 112 ayat (2) dan Pasal 114 (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Ancaman pasal-pasal tersebut adalah pidana penjara minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun," tutupnya.

Untuk diketahui, selain mengamankan BB narkoba jenis sabu dengan bruto dua kilogram, polisi juga mengamankan beberapa bukti pendukung lain di antaranya dari tempat kejadian perkara (TKP) pertama, diamankan dua buah koper besar, satu buah tas punggung (ransel), empat buah handphone merek Samsung, Oppo A12, dan Oppo A5 serta uang tunai Rp. 2.100.000.

Sementara dari TKP kedua diamankan 1 pucuk senjata api (senpi) rakitan, dua butir peluru jenis Revolver, satu bilah keris, satu buah handphone merek Oppo, satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul DR 6264 CI, dan uang tunai Rp. 1.320.000.

Saat ini keempat pelaku mendekam di sel tahanan Ditresnarkoba Polda NTB, untuk dilakukan proses lebih lanjut.(Red SKI)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Ada Apa ? OTT Tak Bikin Jera, Aturan Tetap Disepelekan

Sel, 4 Agu 2020 07:20:33pm

  SKI|Bogor - Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor rutin mengadakan Kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Sampah 2 kali dalam seminggu. Penindakan...

Disbudpar Bersama Diskominfo Kabupaten Bogor Gelar PENSI Virtual

Sel, 4 Agu 2020 07:16:10pm

  SKI|Bogor - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) beserta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor lakukan...

Bawaslu Kabupaten Bogor Sambangi Diskominfo

Sel, 4 Agu 2020 07:12:19pm

  SKI|Bogor - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor sambangi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Senin...

Giat Kapolres Bogor Bersama Forkopimda: Panen Raya Bersama di Tanjungsari

Sel, 4 Agu 2020 07:08:11pm

  SKI|Bogor - Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, S.H.,S.I.K.,M.Pict.,M.ISS bersama Forkopimda Kabupaten Bogor lakukan panen raya padi bersama...

Sat Lantas Bagi Ribuan Masker Bersama Komunitas Biker Se-Kabupaten Bogor

Ming, 2 Agu 2020 08:58:35pm

  SKI|Bogor - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor berikan ribuan masker bersama Komunitas Biker se- Kabupaten Bogor pada hari libur Idul...

Lengkap Sudah Kepengurusan Koperasi PWI Kabupaten Bogor

Jum, 31 Jul 2020 07:43:33pm

  SKI|Bogor - Kepengurusan Koperasi Warta Karya Mandiri (KWKM) PWI Kabupaten Bogor periode 2020-2025 resmi diumumkan pada saat rapat perdana,...

Musholla An-Nur Selenggarakan Sholat Idul Adha dan Potong Hewan Qurban

Jum, 31 Jul 2020 07:17:06pm

  SKI|Bogor - Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat...

1.260 Pegawai Gedung Sate Lakukan Swab Test, 40 Orang Dinyatakan Positif

Jum, 31 Jul 2020 04:40:39pm

  SKI|Bandung - Sebanyak 40 orang pegawai Gedung Sate dinyatakan positif corona setelah dilakukan test swab pada 26, 27, 28 Juli 2020. Sekda...

Polres Bogor Peringati Hari Raya Idul Adha Terapkan Protokol Covid-19

Jum, 31 Jul 2020 04:22:52pm

  SKI|Bogor - Keluarga Polres Bogor laksanakan Shalat Idul Adha 1441 H. dan penyembelihan Hewan Qurban bertempat di Mapolres Bogor,...

Perkenalan dan Tatap Muka Camat Baru Banding Agung

Kam, 30 Jul 2020 04:17:19pm

  SKI|Oku Selatan - Silaturahmi dan tatap muka Camat yang baru dilantik Adi Saputra, S.H dengan Lurah / Kepala Desa, unsur Muspika, UPTD...

Berita Terbaru

NUSAN

EKONOMI

PERISTIWA

!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics -->
%d blogger menyukai ini: