728 x 90
Mata Publik, Tajam, dan Terpercaya
Wartawan Swara Konsumen Indonesia Dilengkapi Dengan KTA Yang Masih Berlaku Dan Surat Tugas Peliputan, Nama Tercantum Didalam Box Redaksi

LCW : Berangkatkan Oknum LSM Bimtek DPRD Lotim Bisa Masuk Melawan Hukum.

Ming, 22 Des 2019 09:28:26am

RK - Media Swarakonsumenindonesia

IMG-20191222-WA0026

SKI|NTB - Direktur Lombok Corupption Wacth (LCW),H.Hulain angkat bicara soal adanya oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang di ikut ke Jakarta kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dari tanggal 16 s.d 19 Desember 2019. 

Sementara kegiatan itu sendiri dalam rangka penguatan kapasitas dewan Lotim,bukan untuk lembaga lain atau LSM. Sehingga akibatnya menjadi pertanyakan publik, kenapa oknum LSM bisa ikut dalam kegiatan bimtek tersebut.

" Memberangkatkan oknum LSM ikut bimtek ke Jakarta dengan dewan bisa masuk melawan hukum,kalau tidak ada dalam nomenklatur yang ada di DPRD Lotim," tegas H.Hulain, Minggu (22|12).

Selain itu, Kata Hulain yang juga advokad senior di Lotim,‎ menyertakan oknum ormas atau LSM dalam bimtek DPRD Lotim patut kita pertanyakan. Karena   dalam nomenklatur anggaran yang  tersedia di lembaga dewan  hanya diperuntukkan bagi anggota DPRD Lotim.

Sehingga jika  kegiatan itu benar mengikutsertakan oknum LSM mengikuti bimtek, maka  pejabat yang  mempunyai kebijakan memberangkatkan oknum LSM tersebut bisa diproses hukum, karena dianggap sudah menimbulkan kerugian negara atau daerah serta masuk dalam  melawan hukum.

" Kalau tidak ada dalam nomenklatur anggaran DPRD Lotim soal oknum LSM yang diberangkatkan bimtek bisa menimbulkan kerugian negara dan melawan hukum," ujarnya.

Selain itu,tambah Direktur LCW, memberangkatkan oknum LSM ikut bimtek bisa jadi lembaga penyelenggara bintek memberikan bonus gratis utk akomodasi di luar tiket perjalanan. Akan tetapi  tetap saja timbul kerugian negara dari biaya perjalanan tersebut.

Begitu juga dirinya kurang begitu yakin kalau mengikutsertakan oknum LSM dalam kegiatan bimtek adalah kebijakan pihak sekretariat. Melainkan bisa jadi menjai kebijakan unsur pimpinan dewan.

"  Guna tidak  menimbulkan polemik kedepannya pihak sekretariat hendaknya harus menganggarkan atau mengalokasikan anggaran untuk  mengikutsertakan media, ormas maupun LSM  agar jelas  peruntukan anggaran masing-masing, " tandasnya.

Sementara pada pemberitaan sebelumnya
Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur dengan Sekretaris Dewan DPRD Lotim saling lempar mengenai permasalahan adanya oknum LSM yang diberangkatkan untuk ikut dalam kegiatan bimbingan tehnis (Bimtek) anggota DPRD Lotim di Jakarta.

Dimana Wakil Ketua DPRD Lotim, H.Daeng Paelori saat dikonfirmasi melalui watshapnya mengatakan  dirinya tidak mengetahui juga, karena ketemu di bandara dan saya tanya saya kira mau ada kegiatan yang lain.

Akan tetapi pihaknya akan mempertanyakan kepada Sekwan apakah ada enggak permohonannya mengenai keberangkan oknum LSM tersebut. 

"Silahkan tanyakan ke media temannya berangkat," kata Daeng.

Kemudian Wakil Ketua DPRD Lotim,H.Ruhaiman meminta untuk mempertanyakan langsung ke Ketua DPRD Lotim agar menjadi jelas..Sedangkan Wakil Ketua DPRD Lotim, Badran Achsyid mengaku dirinya tidak ikut berangkat karena akan melakukan operasi.

Kemudian ‎Kabag Hukum dan Humas Setwan DPRD Lotim, H.Ahyan saat dikonfirmasi mengaku dirinya tidak mengetahui secara persis siapa dari media yang berangkat.

"Silahkan tanyakan langsung ke Pak Sekwan,sedangkan saya sendiri tidak tahu siapa yang berangkat," pinta Ahyan.

Sementara Setwan DPRD Lotim,L.Dami Ahyani mengatakan memang ada yang berangkat dari media, sedangkan oknum LSM yang berangkat silahkan tanyakan ke yang berangkat dari Media.

" Silahkan tanyakan ke teman medianya saja ya," kata Dami singkat.

Sementara Ketua DPRD Lotim, Murnan dalam penjelasannya mengatakan baik wartawan, LSM,asosiasi,termasuk forum kami juga fasilitasi,karena tidak ada keistimewaan satu dengan lain.

Sementara mengenai tidak berangkatnya dua orang anggota dewan dalam bimtek,karena yang satu sakit dan satunya ijin melaksanakan ibadah umroh.Dan tidak ada yang diwakili dalam bimtek tersebut.

" Dua orang anggota DPRD Lotim tidak berangkat,karena sakit dan pergi umroh," tegasnya. (Rizal/Kautsar)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMG_20200630_153546
IMG-20200701-WA0069
IMG_20200705_164721
IMG-20200528-WA0108

News Feed

Bupati Bogor Kecewa Beras Bulog, Bantuan Beras Tahap Dua Tunjuk PD Pasar Tohaga

Sab, 4 Jul 2020 07:38:23pm

  SKI|Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan dalam penyaluran bantuan 30 kilogram beras tahap dua bantuan beras bagi masyarakat terdampak...

Polres Bogor Kukuhkan Desa Cogreg Kecamatan Parung Sebagai Lembur Tohaga Lodaya

Sab, 4 Jul 2020 03:52:54pm

  SKI|Bogor - Polres Bogor H+4 setelah hari Bhayangkara ke-74 Kampung Cogreg yang berada di Desa Cogreg Kecamatan Parung, didaulat sebagai...

Rapor Kinerja Kabupaten/Kota di Jabar Tangani Covid-19

Sab, 4 Jul 2020 09:15:47am

  SKI|Bandung - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar Ridwan Kamil melaporkan level kewaspadaan hasil kajian Gugus Tugas...

Satgas Waspada Investasi Temukan Ratusan Investasi dan Fintech Ilegal

Jum, 3 Jul 2020 07:38:12pm

  SKI|Bandung - Satgas Waspada Investasi (SWI) menemukan ratusan investasi ilegal dan fintech ilegal untuk segera ditindak Kepolisian. "Pihak...

Polres Bogor Kukuhkan Lagi Kampung Tangguh Lembur Tohaga Lodaya di Sukamakmur

Jum, 3 Jul 2020 03:19:05pm

  SKI|Bogor - Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, S.H., S.I.K., M.Pict., M.ISS kembali kukuhkan kampung Tangguh Lembur Tohaga Lodaya. Kali ini...

PT. ANTAM Berikan Bantuan PCR Kepada Pemkab Bogor

Jum, 3 Jul 2020 02:56:17pm

  SKI|Bogor - Pemerintah Kabupaten Bogor terima bantuan satu Polymerase Chain Reaction (PCR), dari PT Aneka Tambang Tbk, di Pendopo Bupati,...

Kabupaten Bogor Mulai Terapkan PSBB Masa Transisi

Jum, 3 Jul 2020 02:12:11pm

  SKI|Bogor - Bupati Bogor H. Ade Yasin yang sekaligus merupakan Ketua Gugus Tugas Covid-19 menyampaikan hasil Rapat Evaluasi Pelaksanaan PSBB...

PSBB Proporsional Bodebek Diperpanjang Hingga 17 Juli 2020

Kam, 2 Jul 2020 05:25:59pm

  SKI|Bandung - Gubernur Jawa Barat (Jabar) menetapkan perpanjangan PSBB Proporsional diwilayah Bogor, Depok dan Bekasi yang berlaku hingga 17...

Swab Test Massal Digelar Kembali di Pasar Cisarua Bogor

Kam, 2 Jul 2020 04:59:46pm

  SKI|Bogor - Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dipusat keramaian termasuk pasar test massal gencar dilakukan, seperti halnya pada...

Gubernur Lantik 13 Pimpinan Tinggi Pratama Provinsi Jawa Barat

Kam, 2 Jul 2020 07:18:51am

  SKI|Bandung - Setelah melalui seleksi sebanyak empat tahap yang diberikan Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Provinsi...

!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics -->
%d blogger menyukai ini: