728 x 90
Mata Publik, Tajam, dan Terpercaya
Wartawan Swara Konsumen Indonesia Dilengkapi Dengan KTA Yang Masih Berlaku Dan Surat Tugas Peliputan, Nama Tercantum Didalam Box Redaksi

LCW : Berangkatkan Oknum LSM Bimtek DPRD Lotim Bisa Masuk Melawan Hukum.

Ming, 22 Des 2019 09:28:26am

Admin 2 - Media Swarakonsumenindonesia

IMG-20191222-WA0026

SKI|NTB - Direktur Lombok Corupption Wacth (LCW),H.Hulain angkat bicara soal adanya oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang di ikut ke Jakarta kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dari tanggal 16 s.d 19 Desember 2019. 

Sementara kegiatan itu sendiri dalam rangka penguatan kapasitas dewan Lotim,bukan untuk lembaga lain atau LSM. Sehingga akibatnya menjadi pertanyakan publik, kenapa oknum LSM bisa ikut dalam kegiatan bimtek tersebut.

" Memberangkatkan oknum LSM ikut bimtek ke Jakarta dengan dewan bisa masuk melawan hukum,kalau tidak ada dalam nomenklatur yang ada di DPRD Lotim," tegas H.Hulain, Minggu (22|12).

Selain itu, Kata Hulain yang juga advokad senior di Lotim,‎ menyertakan oknum ormas atau LSM dalam bimtek DPRD Lotim patut kita pertanyakan. Karena   dalam nomenklatur anggaran yang  tersedia di lembaga dewan  hanya diperuntukkan bagi anggota DPRD Lotim.

Sehingga jika  kegiatan itu benar mengikutsertakan oknum LSM mengikuti bimtek, maka  pejabat yang  mempunyai kebijakan memberangkatkan oknum LSM tersebut bisa diproses hukum, karena dianggap sudah menimbulkan kerugian negara atau daerah serta masuk dalam  melawan hukum.

" Kalau tidak ada dalam nomenklatur anggaran DPRD Lotim soal oknum LSM yang diberangkatkan bimtek bisa menimbulkan kerugian negara dan melawan hukum," ujarnya.

Selain itu,tambah Direktur LCW, memberangkatkan oknum LSM ikut bimtek bisa jadi lembaga penyelenggara bintek memberikan bonus gratis utk akomodasi di luar tiket perjalanan. Akan tetapi  tetap saja timbul kerugian negara dari biaya perjalanan tersebut.

Begitu juga dirinya kurang begitu yakin kalau mengikutsertakan oknum LSM dalam kegiatan bimtek adalah kebijakan pihak sekretariat. Melainkan bisa jadi menjai kebijakan unsur pimpinan dewan.

"  Guna tidak  menimbulkan polemik kedepannya pihak sekretariat hendaknya harus menganggarkan atau mengalokasikan anggaran untuk  mengikutsertakan media, ormas maupun LSM  agar jelas  peruntukan anggaran masing-masing, " tandasnya.

Sementara pada pemberitaan sebelumnya
Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur dengan Sekretaris Dewan DPRD Lotim saling lempar mengenai permasalahan adanya oknum LSM yang diberangkatkan untuk ikut dalam kegiatan bimbingan tehnis (Bimtek) anggota DPRD Lotim di Jakarta.

Dimana Wakil Ketua DPRD Lotim, H.Daeng Paelori saat dikonfirmasi melalui watshapnya mengatakan  dirinya tidak mengetahui juga, karena ketemu di bandara dan saya tanya saya kira mau ada kegiatan yang lain.

Akan tetapi pihaknya akan mempertanyakan kepada Sekwan apakah ada enggak permohonannya mengenai keberangkan oknum LSM tersebut. 

"Silahkan tanyakan ke media temannya berangkat," kata Daeng.

Kemudian Wakil Ketua DPRD Lotim,H.Ruhaiman meminta untuk mempertanyakan langsung ke Ketua DPRD Lotim agar menjadi jelas..Sedangkan Wakil Ketua DPRD Lotim, Badran Achsyid mengaku dirinya tidak ikut berangkat karena akan melakukan operasi.

Kemudian ‎Kabag Hukum dan Humas Setwan DPRD Lotim, H.Ahyan saat dikonfirmasi mengaku dirinya tidak mengetahui secara persis siapa dari media yang berangkat.

"Silahkan tanyakan langsung ke Pak Sekwan,sedangkan saya sendiri tidak tahu siapa yang berangkat," pinta Ahyan.

Sementara Setwan DPRD Lotim,L.Dami Ahyani mengatakan memang ada yang berangkat dari media, sedangkan oknum LSM yang berangkat silahkan tanyakan ke yang berangkat dari Media.

" Silahkan tanyakan ke teman medianya saja ya," kata Dami singkat.

Sementara Ketua DPRD Lotim, Murnan dalam penjelasannya mengatakan baik wartawan, LSM,asosiasi,termasuk forum kami juga fasilitasi,karena tidak ada keistimewaan satu dengan lain.

Sementara mengenai tidak berangkatnya dua orang anggota dewan dalam bimtek,karena yang satu sakit dan satunya ijin melaksanakan ibadah umroh.Dan tidak ada yang diwakili dalam bimtek tersebut.

" Dua orang anggota DPRD Lotim tidak berangkat,karena sakit dan pergi umroh," tegasnya. (Rizal/Kautsar)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMG-20200220-WA0014

News Feed

Penyemprotan Disinfektan Serentak, dari Jabar untuk Indonesia Lawan COVID-19

Kam, 2 Apr 2020 01:24:55pm

  SKI|Bandung - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terus memantau pelaksanaan penyemprotan desinfektan di 5.312 Desa yang tersebar di 27...

Prosedur Kesehatan COVID-19 Diterapkan di Pengungsian Banjir Kabupaten Bandung

Rab, 1 Apr 2020 07:11:55pm

  SKI|Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Ridwan Kamil meninjau lokasi banjir Dayeuh Kolot dan...

Jabar Manfaatkan Drone untuk Cegah Penyebaran COVID-19 di 27 Kab/Kota

Sel, 31 Mar 2020 08:59:34pm

  SKI|Bandung - Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) terus berupaya untuk menangani dan mencegah penyebaran COVID-19 di...

Ditengah Merebaknya Virus Covid-19 di Kabupaten Bogor, Perusahaan PHK Seluruh Karyawannya

Sel, 31 Mar 2020 08:33:43pm

  SKI|Bogor - Kabupaten Bogor adalah salah satu wilayah yang menjadi pusat perhatian Pemerintah terkait pandemik penyebaran virus Covid-19 di...

Kapolres, Dandim 0621 dan Kadisdamkar Kabupaten Bogor Lakukan Kegiatan Bersama Penyemprotan Disinfektan

Sel, 31 Mar 2020 04:36:37pm

  SKI|Bogor - AKBP Roland Ronaldy,S.H.,S.I.K,M.Pict.,M.ISS Kapolres Bogor, bersama dengan Dandim 0621 dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran...

Macaaksara-19 Karadenan Siap Dukung Pemerintah Lawan Penyeberaan Virus Covid-19

Sel, 31 Mar 2020 01:36:09pm

  Bogor|SKI - Ditengah merebaknya penyeberaan Virus Covid-19 di Indonesia khususnya di Kabupaten Bogor, berbagai cara masyarakat menyikapinya...

Akibat Ceroboh Pelaksana Proyek Gorong-Gorong, Seorang Pengguna Jalan Tertimpa Matrial

Sel, 31 Mar 2020 09:21:07am

SKI|Jakarta - Proyek pengerjaan gorong-gorong ( saluran air ) sepanjang Jln. Cikajang Kebayoran Baru Jakarta Selatan masih terus berjalan. Namun...

Upaya Mencegah Penyeberaan Virus Corona, Bupati Ade Yasin Batasi Pengunjung Puncak Bogor

Sel, 31 Mar 2020 06:36:43am

  SKI|Bogor - Dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus Corona ( Covid-19 ) yang semakin hari semakin menghawatirkan dan untuk mencegah...

Akhirnya…Gubernur Jabar Izinkan Daerah untuk Lakukan Karantina Wilayah Parsial

Sen, 30 Mar 2020 10:19:00pm

  SKI|Bandung - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengizinkan Kepala Daerah 27 Kabupaten/Kota lakukan Karantina Wilayah Parsial (KWP)...

Sisihkan Gaji/Tunjangan ASN untuk COVID-19 Berlaku Adil dan Proporsional

Sen, 30 Mar 2020 09:55:02pm

  SKI|Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan penyisihan gaji atau tunjangan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan...

Berita Terbaru

NUSAN

EKONOMI

Di Lombok Timur Dua ATM Bank NTB Dibobol

Rab, 25 Des 2019 09:36:40am

PERISTIWA

!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics -->
%d blogger menyukai ini: