oleh

Polres Indramayu Unit Satres Narkoba Tingkatkan Kualitas Penyidik

SKI | INDRAMAYU – Jajaran Polres Indramayu menyelenggarakan pelatihan peningkatan kemampuan penyidik di unit Satres Narkoba sebagai terobosan yang baik untuk peningkatan kualitas bagaimanapun penyidik harus mempunyai kemampuan berkualitas bukan saja secara hukum saja juga harus memiliki kemampuan secara wawasan dan penerapan kemampuan di bidang Narkotik, Sabtu (12/06/221).

Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang, S.I.K.,M.H. yang di wakili Wakapolres Indramayu Kompol Galih Wardani, S.I.K.memberikan motivasi pada Anggota Satres narkoba sebelum pelaksanaan pelatihan peningkatan kemampuan penyidik unit Satres Narkoba sebagai terobosan yang baik untuk meningkatkan kualitas penyidik mempunyai kemampuan berkualitas dan Proffesional dalam bertindak sebagai penyidikan.

Kabag Wasidik Dit Resnakoba AKBP Dini Hardiany, S.H., M.H. mengatakan dalam menerapkan terhadap suatu tugas yang dihasilkan berkualitas, tendensi yang ingin di tekankan dalam pelatihan bagaimana seorang penyidik itu paham terhadap undang-undang dia juga paham terhadap produk hukum yang harus di terapkan dan di pahami sampai dengan tingkat penyidikan secara legal dan sampai dengan tingkat kejaksaan.

“Seorang penyidik dalam proses ada beberapa hal yang harus di terapkan dasar untuk bertindak, proses untuk bertindak, proses hukum yang ia buat sesuai orang yang di duga pelaku dan sampai dengan seseorang di jadikan tersangka atau tidak dalam perkara tersebut dan ini jangan di jadikan main-main dalam proses tindakan penyidikan ini. Tindak pidana narkotika ini merupakan kejahatan luar biasa dengan modus yang selalu berubah dalam transaksinya artinya salah satunya penjualan melalui sistem tempel dan pembayaran melalui rekening dan rekening tersebut bukan milik pelaku, dan penyelundupan narkotik memakai ban serep mobil, produk makanan mungkin dilihat secara kasat mata itu bukan narkotik.

Modus di Wilayah Jawa barat saja sebagai konsumsi narkotik beda dengan Wilayah Sumatra sebagai lintasan barang narkotik yang masuk dari luar negri lebih besar dan kalau bicara di Wilayah Polres Indramayu sebagai konsumsi.

Kasat Narkoba Polres Indramayu AKP Heri Nuracahyo, mengatakan, bahwa pelatihan penyidikan ini untuk memberikan wawasan hukum secara aturan UUD yang berlaku tentang tindak pidana narkotik supaya dalam bertindak penyidikan jangan sampai salah dalam menerapkan perkara pada pelaku yang di duga pelaku konsumsi narkoba atau bandar narkoba dan itu harus bisa di pahami oleh penyidik narkoba. Dan kami berharap sesuai pesan dari Kapolres Indramayu, Anggota Satres Narkoba harus punya kemampuan berkualitas dan Proffesional dalam bertindak dalam menjalankan tugasnya dalam penyelidikan perkara. Dan kegiatan pelatihan penyidikan di hadiri Waka Polres Indramayu Kompol Galih Wardani, S.I.K., AKBP Dini Hardiany, S.H., M.H, AKBP Acius Setyanto, S.E., M.H. C. IPTU Tatang Sunarya, S.E., M.H. (Yana BS)

News Feed