oleh

Polres Tangsel Gelar Operasi Zebra Jaya Selama 3 hingga 16 Oktober 2022

SKI|Tangsel –  Satuan Lalu Lintas Polres Tangerang Selatan menggelar operasi Zebra Jaya secara persuasif, humanis, dan simpatik, mulai hari ini Senin (3/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022), Tepat pada hari ini, merupakan hari pertama giat operasi zebra jaya diselenggarakan.

Saat memulai Sat Lantas Polres Tangsel menggelar Operasi Zebra, AKP Dicky Priambudi Arief Sutarman selaku Kasat Lantas Polres Tangsel membagikan brosur keselamatan berlalulintas, sembako, dan helm geratis kepada pengendara yang lewat di kawasan German Center, BSD, Tangsel.

AKP Dicky yang memipin langsung kegiatan tersebut di German Center, BSD, Tangsel. AKP Dicky menyampaikan, “Hari ini Satlantas Polres Tangsel bersama stakeholder TNI, Dishub (dinas perhubungan), Satpol PP menggelar operasi zebra jaya pada hari pertama.”

Pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2022, untuk lokasi akan dilakukan secara acak setiap harinya. Menurut AKP Dicky mengatakan, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan ketertiban masyarakat dalam memenuhi aturan dan ketentuan rambu lalulintas dengan harapan meningkatkan kesadaran masyarakat agar bisa tertib berkendara, taat membayar pajak, serta disiplin berkendara dalam berlalu lintas.

Saat giat Operasi Zebra Jaya 2022, pelanggar yang ditemukan selama operasi patuh jaya hanya diberikan sanksi berupa teguran.

“Kami melakukan teguran secara simpatik. Target sasaran pelanggaran itu ada 14 sasaran utama seperti tidak menggunakan helm SNI melawan arus, kecepatan melebihi kapasitas maksimal, dan lain sebagainya yang telah disosialisasikan oleh TMC Polda Metro Jaya,” ujar AKP Dicky.

“Di luar pelaksanaan operasi zebra, kami melaksanakannya (tilang) setiap hari terhadap pelanggar yang membahayakan keselamatan pengguna jalan yang lain, karena tidak ada ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di Tangsel,” lanjut dia. (why)