Pramuka Penegak Se-Sumatera Perebutkan Piala Umum Fiesata Unand

SKI | Padang – Sebanyak 16 kontingen memperebutkan piala umum Festival Swarnadwipa tahunan Universitas Andalas atau disingkat Fiesta Unand yang ke 36. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh ukm Pramuka Universitas andalas untuk memperingati hari lahirnya pramuka unand.

Peringatan Fiesta Unand Tahun 2023 ini dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan, terdiri dari kegiatan perlombaan, teknik kepramukaan, pelatihan, pengabdian masyarakat dan penambahan wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan.

Selain fokus dengan lomba dan pelatihan, kegiatan Fiesta Universitas Andalas Tahun 2023 juga mengadakan kegiatan keakraban yang tentunya akan menghasilkan nilai-nilai keakraban dan sopan santun sehingga nantinya dapat berdampak positif untuk kedjajaan bangsa.

Adapun kontingen yang mengikuti perlombaan ini terdiri dari berbagai macam sekolah di Provinsi Sumatera Barat dan di luar Provinsi Sumatera Barat, yaitu MAN 1 Padang, SMAN I X Koto Singkarak, SMKN 1 Enam Lingkung, Ponpes Darul Thalib (Puteri), Ponpes Dharul Thalib (Putera), MAN 3 Solok, SMAN 1 Batang Anai, SMKN Rawas Ulu, SMAS Semen Padang, SMAN 1 IX Koto Dhamasraya, SMAN 1 IX Koto tanah Datar, Ponpes Nurul Ikhlas, SMAS Adabiah Padang, SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik dan SMAN 9 Padang.

Rangkaian kegiatan Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA UNAND) ke XXXVI ini dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 8 Juli 2023. Pelaksanaan kegiatan ini berpusat di lingkungan Bumi Perkemahan Pramuka Universitas Andalas dan beberapa kegiatan yang dilaksanakan di luar kampus Universitas Andalas dan kota Padang.

Upacara pembukaan Fiesta Unand ke 36 dibuka pada tanggal 3 Juli 2023 di bumi perkemahan Pramuka Universitas andalas oleh Kak Edi Fahrizal, S.E, MM dari Kwarda Sumatera Barat, Turut didampingi oleh kak Dr. H. Ferdi, S.H, M.H selaku ketua gudep Pramuka Universitas andalas, kak Dr, Syofyan, S.Si, M.Farm, Apt selaku Pembina Putera. Selain itu turut dihadiri oleh beberapa tamu penting yang diantaranya Aspotmar Danlantamal II (Letkol Marinir Agustinus Purba, S.E., CRMP.) dari Lantamal II .

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat Kak Fernandes ( Unsur Kwarcab ), Kepala Subdit Umum & Rumah Tangga (Misran, S.E), Subdit Administrasi, Informasi, & Kesejateraan Mahasiswa (Ir. Irfan Kagami, M.Pd.) Kak Wahyudi Gusri, S.H, dari Polsek Pauh, BEM KM Unand, UKM, dan UKMF.

Peringatan ulang tahun Pramuka Unand ini juga merupakan salah satu evaluasi organisasi baik internal maupun eksternal, guna mengukur dan mengetahui kemajuan Gerakan Pramuka. Sebagaimana ditekankan oleh para pendiri Gerakan Pramuka tidak hanya dengan melihat proses pendidikan peserta didik, melainkan juga harus dari aplikasinya di dalam masyarakat.

Dalam setiap perlombaan di Fista Unand, sangat ditekankan untuk setiap kontingan bisa mencari ilmu sebanyak mungkin di acara ini karena Fiesta Unand bukanlah ajang perlombaan semata, tapi merupakan sebuah wadah untuk meningkatkan kreatifits dan mencari ilmu sebanyak mungkin.

Adapun perlombaan yang diperlombakan di Fiesta Unand 2023 meliputi giat lomba kepramukaan yaitu, Lomba Asah Terampil, Lomba Pioneering, Lomba Cross Country, Lomba PBB Tanpa Tongkat dan Lomba Tapak Perkemahan. Selain itu ada juga Giat Lomba Non Kepramukaan berupa; Lomba Pentas Seni, Pemilihan Putera Puteri FIESTA, Fotografi On The Spot, Vlog On The Spot.

Terakhir ada Kegiatan Edukasi berupa Giat Pembina, Malam Api Unggun dan permainan anak nagari. Setiap kontingen akan berusaha memperebutkan masig-masing kategori perlombaan yang ada, akhirnya kontingen dari SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak berhasil meraih juara umum di Fiesta Unand ke 36 dan berhak membawa piala bergilir Festival Swarnadwipa Tahunan yang ke 36.

Dalam setiap perlombaan pasti ada yang menang dan kalah, tapi itu semua akan menjadi indah jika kita mendapatka pengalaman dan ilmu baru dalam sebuah petandingan. Acara fiesta unand ditutup pada tanggal 8 Juli 2023 di Bumi perkemahan Pramuka Universitas andalas dan ditutup oleh Darmawel, SH. MH, sekaligus memberikan piala juara umum Fiesta ke 36 dan dihadiri oleh Zulhendri dari Kwarcap Kota Padang.

Harapan untuk tahun depan semoga setiap pemuda bisa lehih kretif, inovatif dan dan lebih bisa mengedepankan kejujuran, ilmu dan pengalaman daripada sekedar juara. (Ijal/red)