oleh

Puluhan Kuburan Warga di TPU Selong Rusak Parah  Akibat Banjir‎

foto: kuburan warga di TPA Selong rusak akibat banjir

Puluhan kuburan mengalami ke‎rusakan parah akibat banjir, Rabu petang (28|11). Bahkan tidak itu saja tembok pekuburan umum selong sepanjang kurang lebih 50 meter juga itu di hantam banjir.

Berdasarkan hasil pantauan media dilapangan terlihat dengan jelas kuburan warga mengalami berlubang,akibat tanahnya turun ke bawah. Dengan terendam oleh banjir besar tersebut.

Lurah Selong, Baiq Lian Krisna Yuniarti di konfirmasi di sela-sela kegiatan gotong royong membersihkan kuburan yang rusak akibat banjir membenarkan kalau banyak kuburan milik warga yang rusak akibat banjir. Termasuk tembok kuburan juga roboh,karena tidak mampu menahan beban air yang terlalu besar akibat hujan derat.

” Memang ada sekitar 50 kuburan yang rusak, ditambah tembok kuburan,” tegasnya.

Ia menjelaskan banjir terjadi karena luapan air hujan yang datang dari atas,kemudian berakhir di drainase yang ada di kuburan Selong tersebut.Tidak mampu menahan air, sehingga meluap ke jalan kemudian menghantam tembok kuburan menjadi rusak.

Kemudian air itu masuk ke kuburan sebelah utara, dengan menggenangi areal pemakaman,sehingga menyebabkan tanah kuburan turun kebawah. Dan akhirnya membuat kuburan menjadi rusak.

Sementara pada sisi lainnya drainase yang baru selesai dibangun ditutup tidak bisa dibuka, saat banjir datang tersebut. Sehingga terpaksa pihaknya bersama masyarakat merusak atau menjebol drainase itu agar air banjir tidak naik keatas maupun kuburan.

” Setelah lubang drainase yang tertutup itu dibuka akhirnya air kembali lancar seperti biasa,” ujar Lian.

Oleh karena itu,lanjutnya pihaknya mengharapkan kepada pemerintah daerah untuk membantu memperbaiki kerusakan di pekuburan ini,akibat banjir yang menerjang.

” Mudah-mudahan pemerintah daerah cepat memperhatikan persoalan ini,” pintanya.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed