oleh

Puluhan Pemuda Long Mach Napak Tilas Kenang Perjuangan Pahlawan Nasional Di NTB

Foto: Pemuda karang taruna bina bhakti melakukan long mach dan napak tilas mengenang perjuangan pahlawan Kusuma bangsa

SKI – NTB – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Bina Bhakti Desa Dasan Lekong, Kecamatan Sukamulia, Jumat siang (9 | 11). Melakukan aktivitas panjang mach napak tilas sepanjang lima kilometer dari depan kantor Desa Dasan Lekong kemudian berjalan kaki ke makam Pahlawan Nasional asal NTB, Almagfurlahu Maulana Syeikh TGKH.M.Zainuddin Abdul Madjid yang berada di komplek Yayasan Pendidikan Hamzanwadi (YPH) Ponpes NW Pancor.

Dengan melewati jalan protokol, sambil membawa bendera merah putih sebagai simbul perjuangan pahlawan Kusuma bangsa. Termasuk spanduk yang ada di dalamnya foto Pahlawan Nasional, Maulana Syeikh, sambil menyanyikan lagu perjuangan untuk menumbuhkan semangat berjuang dan cinta tanah tercinta.

Kemudian setelah sampai di makam Pahlawan Nasional, para pemuda tersebut ziarah makam dan melakukan pengheningan cipta untuk pahlawan yang telah gugur di medan perang.Dengan dipimpin Kades Dasan Lekong, L.Rajabul Akbar.

“Di makam Pahlawan Nasional ini marilah kita mengheningkan cipta bagi para pahlawan Kusuma bangsa yang telah gugur di medan juang merebut kemerdekaan,” kata Rajabul Akbar memimpin sambil dilibatkan orang muda.

Setelah habis dari makam Pahlawan Nasional, kemudian beberapa pemuda melanjutkan perjalanan panjang dan napak tilas ke Taman Makam Pahlawan Selong. Dimana ditempat itu telah ditunggu oleh Ketua Veteran Lotim, LMThamrin untuk berbicara perjalan hidup para pejuang veteran di Lotim dalam melawan dan mengusir penjajah untuk merebut kemerdekaan RI.

Kades Dasan Lekong, Lalu Rajabul Akbar mengatakan kegiatan panjang mach dan napak tilas dalam mengenang para pahlawan kita yang telah gugur di medan juang dalam mengusir penjajah dari NKRI. Apalagi dengan mengambil momen yang sangat tepat memperingati hari Pahlawan 10 November 2018.

“Apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan kita lakukan harus dilalui dengan mengisi kebebasan ini,” kata Rajabul Akbar.

Demikian juga di NTB ini, lanjutnya, Pemerintah pusat telah menganugerahkan Penghargaan Pahlawan Nasional untuk salah satu tokoh pejuang kita yaitu Almagfurlahu Maulana Syeikh TGKH.M.Zainuddin Abdul Madjid.

Karena pergumulan yang telah dilakukan beliau, maka menjadi menjadi ispirasi kita sebagai pemuda untuk berjuang dalam mengisi negara yang sesuai dengan bidang masing-masing.

“Kita sebagai warga Lotim tentu berbunga dengan memiliki Pahlawan Nasional, dengan baru saja berziarah dan menghenigkan cipta di makam pusara beliau,” ujarnya.

Selanjutnya Ketua Legiun Veteran Lotim, LM.Thamrin berpesan untuk generasi muda untuk terus menerus mengisi kebebasan yang telah diraih para pejuang dan pahlawan Kusuma bangsa yang telah gugur di perang dalam mempertahankan NKRI dan merebut kebebasan dari tangan penjajah.

“Kami berusaha sangat besar untuk pemuda yang akan bergerak ke depan, dengan meloloskan diri dalam tindakan pesan para pejuang kita dahulu,” tegas Thamrin.

Penulis: Rizal

Editor: Red SKI

Komentar

News Feed