Sambut HUT RI Ke-77, Lanal Simeulue Laksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih Di Tugu NKRI Kabupaten Simeulue

SKI, Simeulie – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-77 Tahun 2022, Lanal Simeulue melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Tugu NKRI yang berada di Pulau Balok, Teluk Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Selasa (16/08/22).

Sebanyak ± 200 orang dari unsur Forkopimda, masyarakat nelayan dan berbagai instansi Kabupaten Simeulue mengikuti Upacara tersebut dengan Komandan Upacara Pasintel Lanal Simeulue Kapten Marinir Fadli H. Panjaitan, S.E.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pj. Bupati Simeulue Ahmadlyah, S.H. Dalam amanatnya, Pj. Bupati menjelaskan tentang sejarah dibangunnya Tugu NKRI di Kabupaten Simeulue. Dibangunnya Tugu tersebut bertujuan untuk menyatakan rakyat Simeulue benar-benar bersih dan tidak terlibat dalam konflik yang sedang terjadi di Provinsi Aceh. Namun sampai saat ini tahap pembangunan Tugu NKRI tidak berlanjut.

“Dengan adanya perhatian oleh Lanal Simeulue di Pulau Balok (Lokasi Tugu NKRI), Pemda Simeulue akan melaksanakan pembangunan Tugu NKRI kembali dan saya berterima kasih kepada Danlanal Simeulue telah mengingatkan kembali sejarah Tugu NKRI,” tambah Pj. Bupati.

Danlanal Simeulue Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto S.H., M.Tr. Opsla menyampaikan “Kami mengangkat kembali histori atau sejarah di pulau ini untuk menggugah semangat Patriotisme Kemerdekaan RI kepada generasi muda agar tidak lupa dengan arti Kemerdekaan. Tugu NKRI ini dibuat adalah sebagai pengingat bahwa kita ini di Simeulue bebas dan netral dari konflik yang terdahulu, inilah awal kita membangun Simeulue lebih kuat, mandiri dan bersatu.

Sumber: Pen Lanal Simeulue