728 x 90
Mata Publik, Tajam, dan Terpercaya
Wartawan Swara Konsumen Indonesia Dilengkapi Dengan KTA Yang Masih Berlaku Dan Surat Tugas Peliputan, Nama Tercantum Didalam Box Redaksi

Arhanud TNI AD Uji Tembak Rudal Canggih

Sab, 24 Agu 2019 12:33:12am

Admin - Media Swarakonsumenindonesia

IMG-20190824-WA0010

SKI|Jakarta - Kegiatan Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) Terintegrasi yang melibatkan Rudal-Rudal canggih seperti Mistral, Starstreak dan Mistral, merupakan sarana bagi kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) TNI AD untuk menguji kemampuan Alutsista terbaru yang akan diikutkan dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2019.

Hal tersebut dikatakan Wakil Komandan Kodiklat TNI AD (Wadankodiklatad) Mayjen TNI Eka Wiharsa saat meninjau langsung pelaksanaan latihan di Lapangan Tembak AWR Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Jumat (23/8/19).

Dikatakan Wadankodiklatad, dalam latihan yang berlangsung sejak Senin, (19/8/19) tersebut, pelaksanaan latihan yang digelar setiap tahun oleh Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussenarhanud) itu, berlangsung dengan aman dan lancar serta mencapai target dan sasaran yang ingin dicapai.

"Kegiatan latihan ini untuk menguji seluruh jenis Alutsista yang dimiliki satuan Arhanud TNI AD, serta menunjang kegiatan Latihan Gabungan (Latgab) TNI yang akan datang," ujar Eka Wiharsa

Pada latihan yang juga di hadiri Kasdam V/Brawijaya, Forkompimda Lumajang serta pejabat AWR TNI AU, Eka Wiharsa menyampaikan bahwa uji tembak juga dilakukan terhadap rudal-rudal canggih TNI AD yang terbaru dan berbagai jenis meriam yang dimiliki satuan Arhanud diseluruh Indonesia.

"Rudal-rudal itu diantaranya Rudal Mistral (Atlas dan MPCV), Starstreak jenis Lightweight Multiple Launcher (LML) dan Multi Mission System (MMS)," ujar Eka Wiharsa.

Selain rudal-rudal tadi, Eka Wiharsa katakan, Pussenarhanud yang merupakan unsur satuan di jajaran Kodiklatad itu, juga melaksanakan uji tembak terhadap beberapa meriam Arhanud seperti kaliber 57 mm, 40 mm/L70, 20 mm Rheinmetal, dan 23 mm/Zur.

"Selain berbagai macam jenis Alutsista tadi, dalam latihan ini melibatkan sekitar 490 prajurit, yang terdiri dari 370 orang sebagai pelaku dari perwakilan kesatuan yang ada dan 120 orang sebagai pendukung latihan" tegasnya.

Disela-sela kegiatan penembakan dan disaksikan oleh seluruh Komandan Satuan (Dansat) Arhanud TNI AD, Mayjen TNI Eka Wiharsa dan Kasdam V/Brw Brigjen TNI M. Bambang Ismawan, S.E., M.M. dikukuhkan sebagai warga kehormatan Arhanud yang dilakukan oleh Komandan Pussenarhanud Brigjen TNI Toto Nugroho.

Suatu kehormatan bagi saya dan Kasdam Brawijaya yang pada siang ini, dikukuhkan menjadi warga Arhanud, dimana biasanya diberikan kepada Pati yang ikut merasakan menembak kesenjataan yang dimiliki Arhanud, ucapnya.

"Dengan disematkannya Brivet serta pemasangan baret Arhanud ini, maka secara resmi kami menjadi keluarga besar dari Arhanud," tutur Eka Wiharsa dengan penuh bangga.

Masih ditempat yang sama, Dirbinlat Pussenarhanud Kodiklatad, Kolonel Arh Marthen Rorintulus menjelaskan bahwa Rudal Mistral yang dimiliki satuan Arhanud terdiri dari dua jenis, yaitu jenis ATLAS dan Multi Purpose Combat Vehicle (MPVC).

"Perbedaan yang mencolok dari dua jenis Rudal Mistral itu, selain platform kendaraan pengangkut dan sistem pengendalian penembakannya, juga jumlah rudal yang terpasang dan senjata tambahannya," ulas Marthen.

"Pada MPCV terdapat dua unit rudal dan tambahan senjata kaliber 12.7 mm yang dapat ditembakan dari dalam kendaraan pengangkut, sedangkan ATLAS terdapat dua unit Rudal yang ditembakan secara manual oleh operator petembak baik diatas kendaraan maupun di tanah," tambahnya.

Sedangkan kemampuan dari masing-masing rudal yang terpasang, Marthen menegaskan, meski keduanya termasuk dalam generasi terbaru yaitu Fire and Forget dan keduanya memiliki kecepatan sekitar 2.3 Mach.

"Sederhananya, Fire and Forget itu, setelah ditembakan rudal akan mengejar sasaran sendiri, karena di dalam hulu ledaknya telah dilengkapi dengan sensor. Untuk Rudal ATLAS, saat ini kita menggunakan platform kendaraan 4 x 4 Komodo Pindad dan MPCV berkendaraan Sherpa Station Wagon 4x4," terang pria Manado lulusan Akmil tahun 1996 ini.

Sedangkan Rudal Starstreak, menurut Marthen, dengan kecepatan sekitar 3.5 Mach, dikendalikan dengan laser yang diarahkan oleh operator petembak melalui panel Joystick.

"Dikarenakan menggunakan Joystic, membutuhkan kemahiran petembak. Jadi, dari hasil penembakan tadi, prajurit kita memiliki kemampuan yang bagus dalam menembak rudal Startreak," tegas Marthen.

Selain dilengkapi Radar Shikra, Rudal Starstreak "Multi Mission System (MMS)" terpasang empat unit Rudal pada kendaraan Uro Vamtac, sedangkan "Lightweight Multiple Launcher (LML)", tiga unit Rudal pada Land Rover Defender," pungkasnya.

Dalam latihan tersebut juga para pejabat teras Pussenarhanud dan Komandan Satuan Arhanud dari seluruh Indonesia. (Red).

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMG-20200220-WA0014

News Feed

Polling Bursa Calon Ketua PWI NTB, Nama Syamsurrijal Masih Unggul

Sen, 17 Feb 2020 04:26:59pm

SKI| NTB - Polling bursa calon ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melalui link online dibuka. Polling dengan judul: "Siapa Calon Yang Tepat...

Bupati Lotim Beri Hibah Kepada KPU Lotim

Ming, 16 Feb 2020 11:12:40am

SKI| MATARAM - Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menyampaikan bahwa Pemda Lombok Timur berkomitmen mendukung kelancaran pelaksanaan tugas KPU di...

Oknum Pejabat Di Lotim Janjikan Jadi PNS Dari K2,Korban Tagih Uangnya Kembali.‎

Ming, 16 Feb 2020 10:43:42am

SKI| NTB - Merasa ditipu, Salah satu keluarga  korban kasus dugaan penipuan yang dilakukan oknum pejabat di Lombok Timur buka suara dengan meminta...

Syamsurrijal Siap Rebut Kursi Ketua PWI Cabang NTB

Jum, 14 Feb 2020 03:07:21pm

SKI| NTB - Salah satu anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Nusa Tenggara Barat, Syamsurrijal siap maju untuk meraimakan konferensi...

Pesta Miras,Enam Pelaku Pencurian Asal Satu Desa Di Lotim Ditangkap Operasi Jaran 

Rab, 12 Feb 2020 08:01:39pm

SKI| Lombok - Tim Operasi Jaran Gatarin Polres Lombok Timur berhasil menangkap pelaku pencurian yang terjadi di wilayah Suralaga,saat sedang...

Operasi Jaran Gulung Pelaku Curamor Di Lotim ‎

Rab, 12 Feb 2020 02:59:01pm

SKI| Lombok - Tim operasi Jaran Gatarin Polres Lombok Timur berhasil menggulung pelaku curamor, tanpa perlawanan yang merupakan salah satu target...

Penyidik Akan Panggil Kabag Hukum,Mantan dan Kadispar Lotim dan Konseptor Pembuat SK BPPD ‎

Rab, 12 Feb 2020 02:47:30pm

SKI| Lombok - Pihak penyidik Reskrim Polres Lombok Timur akan melakukan pemanggilan terhadap Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setdakab Lotim, Kepala Dinas...

Tim Gabungan Gotong Royong  Bersihkan Tumpukan Longsor Di Sembalun

Rab, 12 Feb 2020 01:14:01pm

SKI| Lombok - Tim gabungan yang terdiri dari TNI,Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),SAR, Pemerintah Kecamatan Sembalun, Desa dan...

OPINI: Antara Membentuk Tim Review Ataukah Bupati Cabut Mandat Camat Evaluasi RAPBdes ‎

Rab, 12 Feb 2020 12:58:38pm

Bahwa dalam pasal 34 ayat 2 permendagri No.20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa merumuskan Bupati memiliki kewenangan untuk melakukan...

Jalur Pusuk Menuju Sembalun Kembali Longsor

Rab, 12 Feb 2020 12:49:59pm

SKI| Lombok - Jalur menuju Kecamatan Sembalun mengalami longsor,Selasa malam (11|2). Dimana longsor terjadi dua kali yakni pukul 19.00 wita,kemudian...

Berita Terbaru

NUSAN

EKONOMI

Di Lombok Timur Dua ATM Bank NTB Dibobol

Rab, 25 Des 2019 09:36:40am

PERISTIWA

!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics -->
%d blogger menyukai ini: