Tapal Batas Lombok Tengah dan Lombok Barat Akan Diukur Ulang

SKI| Lombok Tengah– Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) akan melakukan pengukuran terhadap batas wilayah antara Kabupaten Lombok Tengah dengan Kabupaten Lombok Barat. Pasalnya, persoalan batas wilayah di Nambung tersebut hingga saat ini belum selesai.

 

Asisten I Setda Lombok Tengah, Murdi AP mengatakan, Pemerintah Daerah telah melakukan koordinasi dengan Kemendagri dan akan dilakukan rencana pengukuran kembali terhadap batas wilayah kedua Kabupaten tersebut. Namun, hingga awal Januari 2021 masih belum dilakukan, karena terkendala dari Pemerintah Provinsi NTB.

 

“Jadwal pengukuran ulang itu kita tunggu keputusan dari Pemerintah Provinsi NTB,” ucap Murdi pada Rabu (3|2).

 

Lanjut Murdi, pemerintah Daerah telah mengajukan Uji Materi terhadap Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 93 Tahun 2017 tentang Batas Daerah Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Barat.

 

“Secara formil dan materi administrasi kita telah penuhi dalam proses uji materi tersebut. Sehingga kita masih menunggu keputusan dari Kemendagri,” jelasnya.

 

Ia juga menekankan kepada masyarakat maupun pemerintah Desa setempat baik itu warga Loteng dan Lobar untuk sama-sama menjaga Khamtibmas di lapangan dan menyerahkan proses tersebut diselesaikan secara hukum dan aturan.

 

“Kita berharap sama-sama menegakan supermasih hukum dalam penyelesaian persoalan tapal batas ini,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB kembali memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk membahas masalah tapal batas antara kedua daerah yang berlokasi di Nambung Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong. Disatu sisi berdasar Peta bahwa wilayah Nambung tersebut masuk wilayah Desa Montong Ajan, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah. (Adit)

Komentar

News Feed