Tiga Desa Terpilih Wakili Lombok Tengah dalam Lomba Desa Gemilang Informasi Publik

SKI| Lombok Tengah – Tiga Desa di Kabupaten Lombok Tengah terpilih sebagai wakil dalam lomba desa Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) tingkat Provinsi NTB 2023

Penilaian itu dilakukan langsung oleh Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan mengunjungi langsung masing-masing desa, pada Selasa, (1|8)

Ketiga desa tersebut dipandang sebagai desa yang secara aktif menyampaikan informasi kepada masyarakat luas melalui Pejabat Pengelola Informasi Desa (PPID) desa masing-masing.

Kadis Kominfo Loteng, Muhammad menyampaikan bahwa 3 desa tersebut memang layak menjadi DGIP. Ketiga desa ini telah menjalankan mekanisme penyebaran informasi melalui PPID desa yang telah dibentuk.

“Kami berharap desa kami mendapatkan pembinaan lebih jauh dari Komisi Informasi NTB, sehingga nantinya ada yang bisa mewakili NTB di tingkat nasional” katanya Selasa (1|8)

Sementara itu, Tim visitasi Komisi Informasi NTB dalam kunjungannya ke 3 desa tersebut menekankan agar pemerintah desa meningkatkan kualitas PPID desa.

Selain itu, sistem informasi yang disampaikan melalui website juga agar secara rutin diperbaharui.

“Pemerintah desa harus dapat memanfaatkan perkembangan digital sebagai media untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik, sehingga tidak perlu muncul sengketa informasi publik” kata M. Zaini, salah satu komisioner KI NTB yang hadir sebagai tim visitasi

Untuk diketahui bahwa, tiga Desa yang terpilih mewakili Lombok Tengah dalam GDIP yakni Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara, Desa Kawo Kecamatan Pujut, dan Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur (Riki)