Tingkatkan Sinergitas, Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya Gelar Rapat Pimpinan

SKI | Jakarta – Gelar Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya tahun 2023, dengan mengusung tema “Sinergitas Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya menjelang tahapan pemilu yang aman, damai dan sejuk guna menyukseskan pembangunan Nasional”, bertempat di aula Soedirman, Makodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No.5 Cililitan, Jakarta Timur. Selasa (07/03/23).

Dipimpin langsung Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Dr. M. Fadil Imran, M.S.i. Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, membuka dengan resmi Rapat Pimpinan Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya Tahun 2023, yang dihadiri seluruh pejabat Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya.

Beberapa informasi yang disampaikan Pangdam Jaya, dalam paparannya diantaranya situasi dan perkembangan global dunia saat ini, lingkungan strategis, politik, ekonomi dan sosial budaya, selain itu program-program unggulan Kodam Jaya dalam rangka menyukseskan program pemerintah serta perkembangan situasi wilayah DKI Jakarta secara menyeluruh, dan pembinaan kepada generasi muda Pancasila, “konsentrasi tinggi dari TNI-Polri dalam mengatasi berbagai ancaman tahapan pemilu dengan menyiapkan operasi pengamanan secara terpadu”, Jelasnya.

Rapim Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya juga dilanjutkan paparan Kapolda Merto Jaya, tentang keharusan memahami kondisi masyarakat secara psikografis, ekonomi, sosial dan budaya dalam proses tahapan Pemilu yang memiliki nilai stategis serta stabilitas keamanan politik dalam proses demokrasi dan tahapan pemilu dengan menjunjung tinggi prinsip transparansi, akuntabilitasi, responsif dan kontrol institusi.

Pejabat Gubernur DKI Jakarta, dalam bahasannya meliputi Jakarta secara komplek kerawanan, krisis biaya hidup, bencana alam, kejadian iklim ekstrim, konfrontasi geo ekonomi, politik, kegagalan mitigasi dan perubahan iklim, polariasi Jakarta sebagai kota global yang menjadi ukuran pergerakan penduduk saat ini.

Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto, S. Sos., M. Sc., Ph.D. sampaikam pembekalan tentang tantangan arus transformasi global yang merupakan urat nadi perekonomian dan lini masa depan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di imbangi dengan pembangunan sumber daya manusia dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap pendadakan strategis.

Diakhiri pembekalan Ketua KPU DKI Bpk. Sunardi dan Ketua Bawaslu DKI Bpk. Munandar Nugraha tentang tahapan persiapan penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan dalam pesta demokrasi tahun 2024 serta mewujudkan Pemilu berintegritas, aman dan damai yang merupakan bagian penting kerjasama dan kolaborasi TNI dan POLRI. (Why).