TNI AL Kibarkan Sang Merah Putih Di Bawah Laut dan Di Pulau Terluar NKRI

SKI, Lanal Tarempa, Kepulauan Anambas,- Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut Anambas dan di Pulau Terluar NKRI, Rabu (17/08/2022).

Upacara pengibaran Sang Merah Putih di bawah laut sukses diselenggarakan oleh Pangkalan TNI AL Tarempa, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla., dikuti oleh 18 orang Penyelam yang merupakan gabungan dari Personel Lanal Tarempa, Satpolair Polres Kepulauan Anambas, BPBD Kepulauan Anambas, Basarnas, Komunitas Napoleon Anambas Dive Centre, serta beberapa instansi kemaritiman dan instansi vertikal lainnya .

Kegiatan tersebut terselenggara tidak luput dari Sinergitas TNI/ Polri dan kerjasama yang baik dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Plus Kabupaten Kepulauan Anambas serta dukungan dari rekan-rekan penyelam di Anambas yang tergabung dalam Napoleon Anambas Dive Centre (NADC).

Upacara dilaksanakan secara serentak di 77 titik di seluruh Indonesia oleh TNI Angkatan Laut pada hari Selasa tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB, khusus di Kabupaten Kepulauan Anambas yang merupakan titik ke-61, pengibaran bendera dilaksanakan di Kawasan Wisata Perairan Batu Lepeh, Pulau Siantan, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, tepatnya pada posisi 03°13′.43″ Lintang Utara dan 106°13′.31″ Bujur Timur pada kedalaman 6 sampai dengan 8 meter.

Sebelumnya, selama lebih kurang 1 pekan, dilaksanakan latihan dan geladi serta diawali do’a bersama seluruh Personel Lanal Tarempa dan Tim Penyelam serta Tokoh Agama dan Tokoh Adat atau Masyarakat Anambas.

Komandan Lanal Tarempa dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengibaran bendera di bawah air ini diselenggarakan oleh TNI AL tersebar di 77 titik di wilayah Indonesia dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022.

“Terima kasih atas pasrtisipasi semua pihak, baik FKPD, TNI, Polri, rekan-rekan dari NADC serta seluruh masyarakat yang terlibat, sehingga acara ini terselenggara dengan baik dan sesuai harapan,” ujarnya.

“Perlu diketahui bersama bahwa acara yang baru saja selesai kita laksanakan ini disaksikan secara langsung di seluruh wilayah Indonesia dan yang perlu kita syukuri dan patut kita berbangga bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pengibaran bendera dibawah laut terbanyak dan terbesar di dunia yang dilaksanakan secara serentak, sehingga merupakan suatu rekor dan tercatat oleh MURI dan mendapat penghargaan yang diterima langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksanama Madya TNI Heri Purwono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono”.

Danlanal Tarempa juga menambahkan, “Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022 ini Lanal Tarempa juga melakukan kegiatan Upacara dan pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Mangkai, yang mana seperti kita ketahui bersama bahwa Pulau Mangkai merupakan salah satu dari 5 Pulau Terluar di Kepulauan Anambas dan di pulau tersebut terdapat salah satu Pos TNI AL (Posal) di bawah jajaran Lanal Tarempa”.

“Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Mangkai dilaksanakan oleh Prajurit Lanal Tarempa yang bertugas di Posal Mangkai bersama dengan Muspika Kecamatan Jemaja Barat dan masyarakat setempat di sekitar Pulau Mangkai”.

“Setelah melaksanakan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara pelepasan Tukik atau anak penyu sebanyak 2000 ekor dari hasil konservasi pelestarian penyu di sekitar Pulau Mangkai”.

“Membangun Kejayaan Maritim, untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Merdeka…Merdeka…Merdeka…Jalesveva Jayamahe”, tutup Danlanal Tarempa.

Sebelum melaksanakan kegiatan, bagi peserta, khususnya penyelam, terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan secara umum, diantaranya meliputi tensi, nadi, suhu dan jantung.

(Pen Lanal Tarempa)