oleh

Waspada Angin Puting Beliung, Ini Imbauan Kapolres Jepara Ke Masyarakat

SKI | Jepara – Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, lima imbauan kepada masyarakat. Imbuauan ini untuk mengantisipasi cuaca ekstrem dan bencana yang terjadi musim penghujan sekarang ini.

Cuaca ekstrem yang diwarnai hujan deras berkepanjangan, berpotensi memunculkan bencana hidrometereologi seperti banjir dan tanah longsor. Juga puting beliung tatkala disertai angin kencang.

Terkait hal tersebut, Kapolres Jepara melalui Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengimbau, kepada masyarakat tentang lima hal antisipasi angin puting beliung. Pertama, membawa masuk barang-barang yang ada diluar ke dalam rumah agar tidak terbang tersapu angin. Kedua, masuk kedalam rumah dan kunci semua pintu. Ketiga, matikan semua aliran listrik untuk mencegah terjadinya konsleting yang bisa memicu kebakaran.

Keempat, segera jongkok dan bungkukkan badan ke lutut sembari kedua tangan mendekap lutut atau kaki, dan jangan bertiarap diatas tanah apabila terlihat adanya potensi petir.

Kelima, apabila berada diluar ruangan, hindari bangunan tinggi, tiang listrik, papan reklame, pohon. Sebab, semuanya bisa roboh ketika dihantam angin. (Hani)