oleh

Bangunan Melanggar Tidak Kunjung Dibongkar, Kinerja Satpol PP Jaktim Dipertanyakan

SKI-Jakarta, Kinerja Satpol PP Jakarta Timur dipertanyakan karena tidak kunjung melaksanakan bongkar paksa terhadap bangunan yang melanggar ketentuan.

Padahal, Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (CKTRP) Jakarta Timur mengaku telah melakukan tugas dan fungsinya.

Salah satu contoh proyek yang hingga kini tidak kunjung dibongkar paksa oleh Satpol PP Jaktim, sejumlah bangunan perkantoran yang sedang dikerjakan di atas lahan seluas ribuan meter persegi di Jl. Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat, RT 002/06, Kel. Rawa Terate, Cakung, Jaktim.

Walaupun di lokasi tidak terlihat Papan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pengerjaan proyek terus berlanjut tanpa tindakan tegas dari instansi terkait. Papan segel dari pemerintah juga tidak terlihat pada proyek.

Menurut Kepala Suku Dinas CKTRP Jaktim, Ir. Widodo Soeprayitno, terhadap bangunan yg melanggar ketentuan sudah ditindak oleh pihaknya. Sementara soal papan segel yang tidak terlihat, Kasudin mengatakan bahwa pihaknya sudah berulangkali memasang papan segel setelah dicopot.

Kasudin berharap bongkar paksa segera dilaksanakan terhadap pelanggar yang bandel.
“Mestinya bongkar paksa diprioritaskan kepada pelanggar yg bandel. Misalnya, sering copot segel, kegiatan membangun malah dipercepat, dan lain-lain,” harap Kasudin

Sementara, Kepala Satpol PP Jaktim Eko Saptono yang bertugas mengeksekusi atau membongkar paksa bangunan mepanggar ketentuan setelah mendapat rekomendasi teknis dari CKTRP, tidak menjawab saat dikonfirmasi wartawan via WA. Kasat tidak menjawab ketika disebut lambat melaksanakan bongkar paksa.

Ketua RT dan RW setempat pun mengatakan akan segera mengirim surat keberatan warga kepada Walikota Jaktim terkait proyek melanggar ketentuan di wilayahnya. (Redaksi SKI)

Komentar

News Feed