Deni Ceni Accident Lalin, Prajurit Wijayakusuma Di Safety Riding Polresta Banyumas

SKI | Banyumas – Untuk deteksi dini dan cegah dini (Deni Ceni) serta mengeliminir terjadinya pelanggaran khususnya lalu lintas, segenap prajurit dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma di sosialisasi Safety Riding oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banyumas. Senin (26/6/2023).

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., mengatakan sosialisasi Safety Riding ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan segenap prajurit dan PNS yang juga sebagai pengguna jalan uumum agar secara personal selalu dan senantiasa tertib dalam berlalu lintas serta memahami cara aman berkendara yang baik dan benar.

“Dengan sosialiasi ini, segenap personel diharapkan mampu dan bisa berkendara dengan baik yang aman dan selamat dalam berkendara sehingga dapat beraktifias menjalankan tugasnya dengan baik”, ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K., M.H., melalui Kasubnit 1 Kamsel Satlantas Polresta Banyumas Iptu Supeno mengatakan, safety riding yang dilaksanakan ini sebagai wahana berbagi pengetahuan dengan sesama aparat kewilayahan maupun masyarakat luas. Agar dalam berkendara tertib dan tahu cara aman berkendara.

Menurutnya, dengan kemampuan mengemudi yang baik dan benar maka dapat mengurangi kemungkinan terjadinya laka lalin sekaligus untuk mencegah timbulnya korban jiwa ataupun fatal akibat laka lain.

Kasubnit 1 Kamsel Satlantas Polresta Banhyumas mengungkapkan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan teori bagaimana tata cara berkendara yang baik, namun juga dilaksanakannya praktek langsung oleh setiap personal.

“Yang dimaksud dengan safety riding atau keselamatan berkendara adalah suatu usaha yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keamanan dalam berkendara”, ujarnya.

Sedangkan, tujuan pelatihan safety riding adalah sebuah pelatihan yang diadakan untuk mengenalkan bagaimana cara berkendara yang baik dan benar, dalam rangka untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, khusunya sepeda motor. (Why).