oleh

Disnaker Akan Lakukan Verifikasi Faktual 21 SP/SB di Kabupaten Bogor

 

SKI|Bogor – Rapat pembentukan Susunan Keanggotaan Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit dari unsur Pekerja digelar diruang Aula Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor yang dihadiri 17 dari 21 Ketua/perwakilan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB), Kasi dan Kabid HI Syaker dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Rabu (24/2/’21).

Ditengah berjalannya rapat, tak luput diwarnai interupsi dari peserta. Salah satu peserta dari Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) PPMI, Deka Arif menyampaikan keraguan dan keberatannya terkait data keanggotaan Pengurus Unit Kerja (PUK) yang disajikan pihak Disnaker berdasarkan laporan dari masing-masing DPC SP/SB.

“Interupsi pak Kadis, kami dari DPC PPMI meragukan dan merasa keberatan dengan data jumlah PUK yang disajikan. Darimana data tersebut didapatkan? Khususnya data PPMI, padahal kami merasa tidak memberikan data sesuai yang disajikan,” ungkap Deka.
“Kami dari PPMI meminta kepada Disnaker agar melakukan verifikasi ulang sesuai fakta dilapangan,” lanjutnya.

Menanggapi apa yang disampaikan perwakilan pekerja, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor Zaenal Ashari, S. Sos., M.M. menanggapinya dengan serius. “Data yang kami sajikan pada siang ini sesuai apa yang kami terima dan bapak-bapak sampaikan pada saat verifikasi tahun 2019 yang lalu, mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda maka tahun 2020 tidak dilakukan verifikasi,” ungkapnya.

Menindak lanjuti permintaan verifikasi ulang jumlah PUK semua SP/SB yang ada di Kabupaten Bogor, Kadisnaker pun menyambutnya dengan positif. “Setelah terbentuknya Susunan Keanggotaan LKS Tripartit dan dilanjutkan pembentukan Keanggotaan Dewan Pengupahan Kabupaten (Depekab) nanti, kami akan melakukan verifikasi faktual. Kami akan lakukan road show mendatangi 21 DPC SP/SB secara bertahap,” lanjut Zaenal.

“Tolong nanti temen-temen DPC persiapkan data sesuai fakta jumlah PUK masing-masing, dan kami minta dihadirkan juga para Ketua PUK nya biar kami bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan para PUK. Selain itu nanti juga akan kami siapkan berita acara verifikasi yang akan ditandatangani para Ketua DPC dan PUK,” pungkasnya. (UT)

Komentar

News Feed