Fantastis, Baznas Lotim Gelontorkan Bantuan ZIS Rp 1 Milyar Bagi ASN Golongan Ghorimin

SKI l Lombok Timur-Pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur gelontorkan bantuan Zakat Infak Shadaqoh (ZIS) bagi ratusan ASN golongan ghorimin atau terlilit utang mencapai sebesar Rp 1 Milyar.

Hal ini ditegaskan Ketua Baznas Lotim, Ismul Basar kepada wartawan seusai menerima hearing sejumlah elemen pergerakan di lantai dua aula Baznas Lotim, Kamis (22|7).

” Kita siapkan dana sebesar Rp 1 Milyar untuk bantuan ZIS bagi ASN yang terlilit hutang di Lotim,” tegasnya.

Ia mengatakan jumlah ASN yang akan mendapatkan bantuan sebanyak 350 orang. Dengan perincian sebanyak 200 orang dari guru dan 150 orang berasal dari ASN, dimana masing-masing ASN mendapatkan bantuan Rp 2,5 juta.‎

Kemudian yang melakukan verifikasi dan datanya berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lotim untuk ASN dari guru. Kemudian ASN lainnya berasal dari Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Lotim.

” Kami terima data dari Dikbud dan BKSDM Lotim mengenai ASN yang mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Baznas Lotim menambahkan ‎
kebijakan ini lahir merupakan aspirasi dari PGRI,untuk kemudian kami tindaklanjuti. Karena ini merupakan kebijakan strategis sekali seumur hidup.

Dengan bantuan berasal dari penarikan zakat profesi gaji ke-13 ASN di Lotim. Begitu juga setelah dilakukan kajian secara syar’i maka ASN yang terlilit utang mendapatkan bantuan karena masuk dalam kategori ghorimin.

” Kami memberikan bantuan sudah melakukan kajian secara syar,i,” tukasnya.

Kemudian Sekretaris Baznas Lotim, Abdul Hayyi mengatakan kalau ASN yang mendapatkan bantuan ini sudah masuk dalam kategori asnap.

Begitu juga ASN adalah penyumbang zakat terbesar di Baznas,lalu kemudian dengan persoalan ini ASN berhenti berzakat, maka berapa ribu masyarakat yang akan menerima dampaknya.

” Yang jelas data yang kami terima masih lemah,karena bukan dari kami datanya ASN yang mendapatkan bantuan,” tandasnya.(Sam).

News Feed