oleh

Gubernur Tanggapi Masalah Sampah di Gili Trawangan

SKI – Mataram – Gubernur dan Wakil Gubernur tanggapi serius masalah sampah yang ada di Gili Trawangan, dalam kegiatan Jumpa Bang Zul-Ummi Rohmi yang di selenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi NTB yang ke-60, yang di adakan di lapangan Bumi Gora Mataram (14/12).

Dalam paparannya Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah menjelaskan bahwa, pemerintah pusat sudah memberikan bantuan yaitu menyediakan tanah yang cukup luas untuk mengelola sampah yang ada di Gili Trawangan.

“Sekarang kita sedang ada bantuan dari pemerintah pusat kalau tidak salah kementrian PUPR, menyediakan tanah yang cukup luas untuk mengelola sampah yang ada di Gili Trawangan, karna ini menjadi keluhan yang cukup lama.” jelasnya.

Menurut Wagub Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, permasalahan sampah ini harus dimulai dari SDM dan kesadaran dari pelaku wisata serta masyarakat umum. Sebab jika disitu ada pengolahan sampah, alatnya sudah ada, tapi masyarakatnya tidak mensupport itu nggak akan jadi, pungkasnya.

Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi ini juga menjelaskan bahwa untuk masalah sampah ini memang merupakan program unggulan, sehingga yang penting adalah bagaimana setiap orang mulai dari sekolah, kantor, institusi, restoran dan hotel semua memiliki proses pemilahan sampah sendiri-sendiri, dan dimana bank sampah akan ada di setiap kelurahan, ada di setiap desa, sehingga yang namanya plastik, kertas dan kaleng itu menjadi duit bukan menjadi sampah, dan sampah yang organik bisa diolah menjadi pupuk. Itu yang akan kita gerakkan ke depan. Tegasnya.

Penulis : Alfy

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed